Resensi Buku “Embun Ramadhan”

Posted on 1 Juli 2010

10



Penulis : Insan Sains
Penerbit : Indie Publishing
Tahun : 2010
ISBN : 978-602-97031-1-5

Alhamdulillah Allah ijinkan untuk terwujud dalam sebuah buku. Beberapa catatan kecil selama ramadhan, mudah-mudahan lebih menggairahkan ketika dibaca kembali, sehingga menghasilkan ramadhan yang lebih baik. Berikut resensi kiriman seorang sahabat yang telah membaca buku ini :

Sepeti berdialog langsung, menyelami isi hati penulisnya dan kita seolah berpetualang ke dalam dunia bathinnya yang dalam. Kisah hikmah dalam buku ini mengalir lembut seperti embun yang merayap di atas kulit daun, jangan disangka jika yang lembut itu tak memberi goresan yang luar biasa, justru sangat dalam jejak yang ditinggalkannya. Membaca buku ini memberikan cara lain untuk menikmati ramadhan.

Fitrah manusia itu baik, selalu merindukan kebenaran, karena manusia di ciptakan oleh Dzat yang Maha baik, Dzat yang Maha Benar. Karena itu, sungguh manusia jika dalam kesadarannya yang paling dalam selalu ingin mendapatkan dan mendekati kebenaran yang Haq. Mirip perjalanan embun diatas daun yang perlahan mencari jalan untuk menetes ke tanah, yang hakikatnya diamana pun air berada, zat tersebut tengah mencari jalan untuk kembali ke samudera tempat ia berasal dan berkumpul. Namun keberadaan air tersebut akan menghantarnya pada ragam dan liku pencapaian keinginannya untuk kembali ke samudera. Demikian pun manusia. Dalam kondisi terbaik dan terburuknya, manusia tengah mencari jalan dan momentum yang tepat untuk kembali kepada fitrahnya, yakni kebaikan dan kebenaran.

Buku ini merupakan catatan perjalanan embun setiap pagi yang sejuk, ringan, jernih dan memberikan ibrah dalam melihat jalan dan momentum untuk kembali pada fitrah bagi pembacanya dalam menyambut dan menikmati pencarian kebaikan dan kebenaran di bulan yang Mulia, Ramadhan. Sebuah pencerahan yang menginspirasi.๐Ÿ™‚

Penulis menggunakan bahasa yang lugas, dan mudah dicerna. Gaya penuturannya yang tersirat kesan semangat yang tinggi menghantarkan pembaca pada perasaan yang sama. Sangat luar biasa. Semangat muda yang kentara dari cara penuturannya sangat mewakili semangat Ramadhan yang bergejok penuh cinta.

Pengkajian peristiwa yang kekinian, kemudian membahasnya dalam persfektif Islam menjadi daya tarik yang cukup baik. Tema dalam babnya sederhana, aktivitas kehidupan sehari-hari, karenanya begitu mengena sebagai bahan introfeksi diri dan perbaikan yang ‘berkesinambungan’ pada pribadi setiap muslim.

Namun buku ini pun tidak luput dari beberapa hal yang wajar adanya, yakni kekurangan. Beberapa penjelasan dari bab yang dibahas buku tersebut terlalu singkat. Bahkan ada bab yang mana penulis seperti hanya menulis sebuah pengantar, tanpa memberi ‘isi. Penulis sendiri memasukan beberapa penggalan syair atau kutipan tanpa ada penjelasan pada bagian footnote atau kepustakaan. Serta beberapa kata-kata asing yang tidak diberi keterangan artinya, itu bisa membuat pembaca yang tidak terbiasa dengan kata-kata tersebut akan sedikti mengurangi kefahaman mereka dalam mencerna tulisan penulis.

Sebagai akhir, terlepas dari beberapa kekurangan buku yang dipaparkan diatas, June merekomendasikan buku ini untuk menjadi teman menikmati waktu bersama dzikir dan al-Quran di bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat.

Alhamdulillah.

J.U.N.E Al-Billah..๐Ÿ™‚

Untuk sample eBook dapat di download dengan mengklik link berikut ini : eBook Embun Ramadhan

Posted in: Buku