Cara Mudah Merakit PC

Posted on 4 November 2008

2



Judul : Cara Mudah Merakit PC
Penulis : Ali Zaki & SmitDev Community
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tahun : 2007
Genre : Tutorial Komputer
Tebal : 136 Halaman
ISBN : 978-979-20-0969-8

























Jika kita mencoba membandingkan perkembangan teknologi komputer saat ini dengan kondisi beberapa puluh tahun yang lalu, maka kita patut berdecak kagum atas kemajuan teknologi yang begitu pesatnya. Dengan adanya komputer, maka segala kebutuhan perkembangan teknologi yang lainnya dapat difasilitasi. Sudah tidak mungkin terhitung lagi manfaat dari komputer, bahkan mobil yang digunakan, kulkas, handphone yang kita pakai, jam tangan digital yang melingkar di tangan, bahkan hampir semua peralatan elektronik yang kita pakai, sebenarnya telah tertanam sistem komputer di dalamnya.

Komputer dalam makna yang lebih khusus sering digambarkan sebagai sebuah Personal Computer (PC). Jika dahulu komputer termasuk barang yang mahal, dan hanya orang-orang tertentu saja yang memilikinya, sekarang dengan makin banyaknya pemakai yang disertai dengan penemuan teknologi semikonduktor yang makin mapan, maka ongkos produksinya bisa semakin ditekan. Alhasil, komputer sekarang bukan lagi barang langka, bahkan muncul fenomena “ masyarakat yang tidak bisa hidup tanpa adanya komputer”.

Melalui buku ini, pembaca akan diajak untuk mendalami seluk-beluk komputer secara hardware (perangkat keras). Akan ditunjukkan pula bagaimana cara merakit Personal Computer yang sesuai dengan kebutuhan. Sebab komputer yang hanya digunakan untuk mengetik saja, tentu akan berbeda dengan komputer yang digunakan untuk para designer. Walaupun nyatanya, bisa saja kita menggunakan komputer tercanggih sekalipun untuk mengetik-ngetik surat. Namun sangat disayangkan, karena komputer tidak digunakan optimal.

Buku ini dicetak dalam kertas exclusive dengan gambar yang full color. Hal ini sangat memberikan dorongan untuk menikmati tiap lembar yang dibaca. Bahasa yang disuguhkan dalam buku ini pun tidak banyak bertele-tele. Melainkan langsung point per point yang disertai gambar untuk memudahkan pendeskripsian.

Dari sisi content materi, nampaknya selain diperuntukkan bagi pemula yang awam mengenai komputer, buku ini juga cocok untuk dijadikan referensi. Karena selain berisi panduan singkat merakit sebuah PC, juga disertakan beberapa BAB yang memaparkan komputer mulai dari sejarahnya (lengkap dengan gambar-gambar komputer kuno), mengenal komponen-komponen di dalamnya, sampai memaparkan sedikit troubleshooting yang sering terjadi pada komputer.

Dan satu lagi yang menjadi nilai tambah untuk buku ini, yaitu menyertakan CD yang berisi video tutorial merakit PC. Yang dibagi menjadi delapan bagian, mulai dari : Mengenal motherboard, membuka casing, memasang processor dan fan, memasang memory, memasang motherboard ke casing, memasang drive optik dan hardisk, memasang kartu ekspansi, dan terakhir memasang periperal lainnya seperti mouse, keyboard dan monitor.

Overall, buku yang cukup ilustratif ini sangat bagus untuk dijadikan panduan, baik untuk pemula, dosen dan mahasiswa, maupun mereka yang berkecimpung di dunia komputer (seperti techical support, IT Department, atau pekerja di toko komputer). (insansains)

Posted in: Buku