[Ngekhayal Mode On] : Konsultasi Kecantikan

Posted on 10 Oktober 2008

15



Suatu waktu di bada’ isya. Saya sedang duduk di sofa empuk berwarna coklat muda. Sedang membaca buku tepatnya. Tiba-tiba istri saya datang membawakan segelas susu. Setelah menyimpan gelas yang berisi susu di meja di hadapan saya, ia kemudian duduk di dekat saya. Kemudian memulai percakapan.

A.. A… boleh nanya gak?

Ya boleh atuh De. Emang mau nanya tentang apa sih De?
[jawab saya santai, tak melepaskan pandangan dari buku yang sedang dibaca]

Aa kan pernah kerja di perusahaan kosmetik.

Hu um. Memang kenapa?

Gimana sih cara dandan dan ngerawat kulit wajah A?

[Pelan-pelan saya menutup buku dan mengalihkan pandangan pada istri saya]
Aa kan kerja di perusahaan kosmetik sebagai konsultan IT, bukan konsultan kecantikan.

Tapi masa sih, gak tahu sama sekali tentang yang gituan?

De…
Kalaupun seluruh laki-laki di dunia bilang Ade cantik, tapi Aa akan bilang Ade paling cantik.

Aaaah.. Aa mulai lagi deh ngegombalnya. Ini mah serius A.
[Senyum ke-GR-an mulai nampak di wajahnya]

De.. Sebaik-baiknya penghias dan perhiasan bagi seorang perempuan adalah

Ke-shalehah-an nya.
[Ade memotong pembicaraan]
Ya kan A? Ade faham itu. Tapi kan sebuah ibadah tambahan bagi seorang perempuan untuk berhias agar suaminya bahagia saat melihatnya.

[saya hanya bisa senyum-senyum saja]

Dengan karunia iman yang Allah berikan, Ade faham kok bahwa tidak pantas bagi seorang perempuan untuk berhias kecuali untuk suaminya. Ya kan A? Ayo dong bagi-bagi ilmunya.

Ya… ya.. ya…
[mengangguk-anggukkan kepala sambil tersenyum. Saya menyeruput sedikit susu]
Ya sudah, Aa ceritain yang Aa tahu saja. Masalah yang sering dihadapi kaum hawa aja ya De.
Aa tahu semua perempuan ingin kelihatan cantik. Tak heran setiap kemana-mana yang selalu dilihatnya adalah kaca. Mau kaca cermin di rumah, kaca rumah orang lain, sampai kaca spion mobil di parkiran. Adalah wajar dan dianjurkan untuk merawat tubuh sebagai rasa syukur telah diberikan karunia kecantikan oleh Sang Maha Pencipta. Tapi adalah salah besar, jika kemudian kita mengukur derajat kemuliaan seseorang dari kecantikannya.

Nah… Ade kudu banyak-banyak bersyukur karena dikasih paras yang cantik dan wajah yang bersih

[Ade senyum-senyum tersipu malu, wajahnya memerah. Saya menyeruput sedikit susu lagi]

Tapi perawatan sebagai rasa syukur itu perlu dilakukan dengan benar. Benar niatnya, benar caranya, benar mengamalkannya. Apakah diniatkan untuk berterima kasih kepada Allah, ataukah diniatkan untuk menarik perhatian laki-laki yang bukan muhrimnya? Apakah caranya dilakukan sesuai syariat ataukah tidak? Apakah diamalkan dengan benar atau justru diumbar sehingga menggoda syahwat lelaki lain?

Dan segala yang benar itu memerlukan sesuatu yang halal untuk meraihnya. Halal mendapatkannya dan halal bahan-bahan yang digunakannya. Makanya, belilah kosmetik dengan uang dari penghasilan yang halal, dan beli pulalah kosmetik yang bahan dan cara pembuatannya halal pula.

Emang ada kosmetika halal A?

Ya ada atuh De. Karena itu Aa pernah kerja di sana. Itulah yang membedakan identitas kita sebagai seorang muslim dengan yang lainnya. Kita diperintahkan untuk senantiasa berhati-hati memperhatikan segala sesuatu mulai dari yang kita pakai sampai kepada sesuatu yang kita masukkan ke dalam tubuh. Gunakan kosmetik yang sudah mendapatkan sertifikasi dari BPOM (Departemen Kesehatan RI) dan sertifikasi Halal dari LPPOM MUI.

Lanjut A. Gimana cara ngerawat wajah?

Wajah Ade putih bersih, jadi untuk apa ditanyain?

Sssst, gak apa-apa A, ceritain aja. Lagian banyak perempuan yang nguping percakapan kita ini kok A.

Ooo… hehehe.. Yawdah. Kita pura-pura gak tahu ada yang baca aja yach….!!
Gini De, Aa kasih tahu beberapa tips untuk merawat kulit wajah yang berjerawat.

  • Gunakan Acne Cream sedini mungkin untuk mencegah jerawat bertambah parah
  • Sering-seringlah membasuh wajah dengan air bersih. Wudhu akan sangat membantu
  • Hindari makanan yang berlemah, pedas dan beralkohol
  • Istirahat yang cukup
  • Jangan memencet jerawat dengan kuku
  • Hindari pemakaian compact powder kalo berjerawat, kalau mau gunakan loose powder.

Bentar A….
Tadi katanya, kita harus sering-sering membasuh wajah. Gimana kalau wajah udah dipoles sama TWC. Nanti luntur dong A?

Hehehe.. Dasar perempuan. Pantesan banyak perempuan yang wudhunya gak sempurna gara-gara mempertahankan polesan TWC di wajahnya. Padahal kalau pake TWC buatan tempat Aa bekerja dulu, justru look-nya akan tampak lebih bagus saat terkena air setelah berwudhu. Makanya karyawati-karyawati di tempat Aa bekerja dulu pada kinclong-kinclong.

[Bibir Ade mulai cemberut, lebih tepatnya Ade cemburu]
Kinclong… emangnya kelereng
[Ade menyahut ketus]

Cup.. cup… cup… Tenang De… Bercanda.. bercanda.. Lagian Aa ngeliatnya juga cuman sepintas aja, gak berlebihan. Udah.. udah… besok kita beli TWC yang Aa ceritain, biar Ade percaya setelah memakainya. Aduh.. aduh… mana wajah manisnya, kok jadi ilang gara-gara si kinclong sih??

[Susu pun saya reguk hingga sisa setengahnya, dan saya berikan setengah gelasnya lagi untuk Ade. Senyumnya mulai merona kembali.]

Kalau pengen putih?, lanjut pertanyaan Ade sambil menyeruput setengah gelas susu

[Ade kemudian membisik pelan]
Ssst… kita lagi pura-pura gak ada yang baca kan A?

[saya mengangguk-anggukkan kepala]
Boleh-boleh saja, tapi perhatikan saat memilih pemutih yang tepat. Hindari pemutih yang mengandung mercury ataupun hydroquinon, yaitu bahan pemutih yang dapat menyebabkan efek rebound.

Oia ni A. Bibir Ade sering kerasa kering.

Yang jelas jangan menyapunya dengan jilatan lidah. Justru efeknya akan membuat bibir terasa lebih kering setelahnya.

Oooh… begitu ya A? Terus mesti gimana atuh A?

Pakai lipstick yang mengandung moisturizer seperti squalene, jojoba oil. Atau kalau mau kelihatan lebih natural, pakai hydrogloss yang mengandung moisturizer (Aloe Vera extract, shea butter, jojoba oil).

Kalo untuk menjaga rambut muslimah yang berkerudung gimana?

Pertama, pilih kerudung dengan bahan yang mudah menyerap keringat seperti katun atau kaos. Kedua, hindari menggunakan kerudung yang sama berturut-turut. Ketiga, hindari menggunakan kerudung terlalu kencang. Nah.. Aa senang karena Ade menggunakan kerudung yang lebar, sehingga rambut Ade tetap terjaga sehat. Keempat, lebih baik mengurai rambut, jangan mengikatnya terlalu kencang. Kelima, keringkan rambut sebelum memakai kerudung, untuk menghindari tumbuhnya ketombe basah maupun kering. Terakhir, kerasmaslah dengan shampoo yang cocok dengan kondisi rambut.

Satu lagi A..! Tentang mata

Kalau yang ini Aa gak banyak tahu. Tapi duduk coba sini bentar

[Ade mendekat, dan duduk dipangkuan paha saya, sebagaimana Rosulullah pernah mendudukkan istri cantiknya, Aisyah di pahanya.]

[sambil menunjuk bagian bawah mata saya]
Ni.. bagian ini sering kali berkantung dikarenakan kelelahan. Agar selalu terlihat segar maka bisa diatasi dengan membasuhnya menggunakan air es untuk membantu sirkulasi. Cara yang lainnya adalah dengan menempelkan irisan mentimun dingin atau kantong teh chamomile dingin pada mata. Kalau dengan cara itu, mata masih juga sembap, cobalah berbaring telentang menggunakan bantal yang sedikit lebih tinggi, usahakan leher tidak kaku. dan rilekslah selama 15 menit dengan menggunakan masker penyegar mata.

Coba sekarang Ade lihat ada apa di mata Aa.
[Ade menghabiskan susu, kemudian mendekatkan wajahnya ke mata saya]
Loh… kok ada gambar Adenya di kedua bola mata Aa?

Hahaha… Ade.. Ade..

Saat kau bedaki wajahmu
Ingatlah untuk mengusapkan kesabaran pada wajah cantikmu

Saat kau hiasi matamu
Maka perona terbaik itu adalah ketundukan hati dan pandangan

Saat kau warnai bibirmu
Ingatlah untuk memoleskan kalimat syukur kepada Tuhanmu

Saat kau hiasi telingamu
Maka majelis-majelis dzikir adalah anting terbaik yang disediakan untukmu

Saat kau hiasi lehermu
Ingatlah untuk menghiasinya dengan kalung ketaqwaan

De..
Beningkanlah wajahmu dengan air mata
Bersihkanlah lisanmu dengan dzikir kepada Allah
Sucikan hatimu dengan takut kepada Allah
Cucilah dosa-dosamu dengan taubat kepada-Nya

[Segelas susu habis, dialog selesai……]

PS : Oia… Setiap komentar yang bernada konsultasi kecantikan, tidak akan ditanggapi. Maaf ya..!

Iklan