Mau coba tantangan ini…??

Posted on 10 September 2008

4



Hari ini belum ada tulisan yang siap saji euy. Jadi memposting ulang tulisan yang pernah dimuat disalah satu situs komunitas saja. Gak apa-apa kan?

# Emang kenapa belum siap saji tulisannya? Lagi M ya?

M apaan sih?

# Mualeszzz…!! kekekek…

Hehehe.. jadi malu. Semalem abis teraweh, trus baca buku. Eh.. tahu-tahunya ketiduran. Hihi…! Kecapean kali yach (pembelaan). Udah ah, yang penting masih bisa memposting. Lagian ini juga kan diedit lagi tulisannya. Jadi tetap butuh meluangkan waktu juga.

Kalau dalam Quantum Learning ada istilah AMBAK, bolehkan dalam tulisan ini kita pake istilah baru. MAMBO. Manfaat Anda MemBaca Opini ini.

# kekeke.. lucu amat sih istilahnya. Ywdah, lanjut ajah deh Bro..!

Lucu! Apanya yang lucu sih? Ih.. mikirnya suka aneh-aneh. No comment ah. Setidaknya ada tiga manfaat yang ingin dibagikan dalam tulisan ini :

  • Tahu cara mengoptimalkan kelebihan alias potensi diri
  • Ada 2 tantangan (itupun bagi yang bernyali)
  • Sedikit tips untuk meraih keutamaan Ramadhan

# Cie kayak trainer / motivator aja..!

Huss… jangan ngada-ngada ah. Kalau pun kelihatannya seperti itu, mungkin karena ketularan sama buku-buku yang banyak memotivasi. Orang bilang learning by doing lebih cepat diserap otak dibandingkan hanya membaca atau mendengar saja. So… ni ada tantangan yang perlu diselesaikan. Berani gak?

# Siapa takuuuuut…!!

Baguslah kalo begitu. Ingat perjanjiannya, jangan melanjutkan membaca jika belum menyelesaikan tantangannya. Deal ya…? Tantangan ini membutuhkan alat bantu berupa software pengolah kata. Bisa Notepad, Microsoft Office, Open Office, atau yang lainnya. Buka dulu software pengolah kata itu, terus kalau udah bilang yach?

# Bentar….!

.

.

# Udah…!

Tantangan pertamanya adalah : Dalam waktu antara 30 detik, coba tolong KETIKKAN SUATU KATA ATAU KALIMAT SEBANYAK-BANYAKNYA di software pengolah kata tersebut. Ok…. Permintaannya cuman begitu aja…!!! Perhatikan jam tangan, atau jam dinding, atau jam di komputer, atau kalau susah kira-kira aja. 30 detik yach…! Ayo… hitungan mundur dimulai, tiga… dua… satu… KETIK SEKARANG…!!!

.

.

.

.

.

Eiiiiittttt… ingat perjanjiannya, jangan membaca lanjutan tulisannya kalo belum nyelesaiin tantangannya.

.

.

.

# hehehe.. jadi malu.. Iya.. iya.. nih dikerjain… 30 detik kan..??!! Tuh udah ganti desktop

*mulai mengetik*

.

.

.

.

30 detik sudah selesai. Coba baca lagi hasil ketikannya. Ada yang cuman nulis satu kata, ada yang ngetik beberapa kata. Ada nulis kalimat yang bermakna, ada yang sama sekali gak tahu mesti nulis apa. Bahkan mungkin ada yang gak tertarik sama tantangannya (heheh.. ketahuan!). Tapi yang jelas, pas pertama kali nulis pasti bingung kan?

Ok.. gak perlu dijawab sekarang. Pertanyaan ini otomatis bisa terjadi di tantangan kedua. Siap yach…! Tantangannya adalah : MENAMPILKAN TULISAN YANG SAMA PERSIS DENGAN POSTINGAN INI. Mulai dari judul sampai paragraph diatas paragraf ini. (control font bisa diabaikan, jika menyulitkan) Waktunya sama, hanya sampai 30 detik. Siap yach…???? Jujur…!! Tiga.. dua…

# Et.. et…. tunggu bentar! Maksudnya sampai kalimat “Tapi yang jelas, pas pertama kali nulis pasti bingung kan?”

Hu um..! Pokoknya dari mulai judul sampai kalimat itu tadi. Siap yach! Tiga… dua.. satu… MULAI….!!!!

Ingat… Gak boleh baca kelanjutannya sebelum 30 detik berlalu.

.

.

.

.

.

.

Yaps.. Teeeeet.. waktu habis….! Bisa nulis sampai akhir nggak? Atau baru setengahnya? Seperempatnya? Atau ada yang baru ngetik judulnya doang? Hehehe.. Wah.. ternyata ada juga yang bisa ngetik semuanya. Hebat.. hebat.. TWO THUMBS UP.

# Haduuuh… nyindir nih…! Gw kan gak bisa nulis pake 10 jari. Ya terang aja cuman seupil yang baru diketiknya.

Deuh.. deuh.. gak usah sewot begitu dong…! Udah.. udah.. sekarang kita bocorin rahasia dua tantangan itu. Gini loh… :

Ketika kita diminta menyelesaikan tantangan pertama. Yang kita rasakan diantaranya : kebingungan harus ngetik apa, mengetik apa yang terpikir saat itu saja, tulisannya jadi tidak terarah, mungkin rada ngaco, asal ketik, nggak karuan, dll

Ketika kita diminta menyelesaikan tantangan kedua. Beda rasanya. Kita lebih focus, lebih bisa mengerahkan apa yang harus diketik, kalau tulisan salah, bisa kita perbaiki, lebih tertantang sehingga lebih bersemangat, dll

Tul gak??

# Iya juga yach! Rasanya bisa beda. Padahal aktifitasnya sama, yaitu mengetik.

Tahu nggak kenapa? Coz pada tantangan kedua, kita memiliki TUJUAN YANG JELAS. Sedangkan tantangan pertama, punya tujuan tapi tidak jelas, masih kabur. Sehingga menjadikan tindakan kita tidak jelas pula.

Kita semua yakin bahwa setiap orang diberikan kemampuan dan kelebihan masing-masing. Jika dalam hidup, kita TIDAK MEMILIKI TUJUAN YANG JELAS, akhirnya potensi, kemampuan dan KELEBIHAN ITU JADI SIA-SIA, tidak terarah, tidak terasah, tidak berguna, percuma.

Sebaliknya, bila dalam hidup, kita MEMILIKI TUJUAN YANG JELAS, maka kita akan dengan sungguh-sungguh MENGOPTIMALKAN SEGALA POTENSI, kemampuan, dan kelebihan yang kita miliki untuk mencapai tujuan tersebut, juga tentunya dengan tujuan yang jelas, kita akan lebih bersemangat. Di luar apakah tujuan itu benar-benar tercapai atau tidak, setidaknya kita benar-benar mengerahkan semua potensi tersebut.

# *ngangguk-ngangguk*

Sekarang pertanyaannya. Apa yang harus kita lakukan agar tujuan yang sudah jelas tersebut bisa tercapai?

Pertama : MIND SET.
Jujur lho…!!! Bagi yang belum berhasil menyelesaikan tantangan kedua, pasti terpengaruh dengan tantangan pertama, yaitu harus mengetik sesuatu. Iya kan? Ngaku…!!! ^_^ Sebab saat itu mind set kita disetting untuk mengetik. Padahal tantangan kedua, meminta kita untuk menampilkan tulisan yang sama persis, bukan lagi mengetik ulang. Maka tidak mustahil semua orang bisa menyelesaikan tantangan kedua, dengan perfect sebelum waktu yang dijatahkan.

Jadi untuk membuat agar tujuan kita tercapai, ubah dulu cara pandang Anda, dari cara pandang negative ke cara pandang positif.

Kedua : STRATEGI.
Setelah kita mengubah mind set, secara otomatis kita akan memiliki banyak ide jalan keluar. Dari banyak ide itu, pilihlah salah satu atau beberapa yang akan kita jadikan STRATEGI untuk mencapai tujuan. Ada banyak strategi untuk menyelesaikan tantangan kedua, yang paling gampang dan cepat (tentunya masih sesuai aturan) adalah teknik copy-paste. Jadi mengapa Anda tidak menggunakan teknik ini? Hehehe…

# ah.. Betapa bodohnya aku…!!

Ayo kita miliki tujuan hidup yang jelas, agar potensi dan kelebihan yang ada pada kita bisa dioptimalkan. Sayang kalau disia-siakan begitu saja. Sudahkah Anda memiliki tujuan hidup yang jelas? Tahun depan mau berbuat apa? 5 tahun kedepan punya planning apa? Dan apa cita-cita terbesar Anda? Sudahkah Anda berusaha merealisasikan tujuan Anda? Apakah tindakan Anda saat ini mengarah kepada tujuan tersebut?

Nyambung ke nuansa Ramadhan. Mumpung masih ada waktu 20 hari lagi. Mulailah dari yang terkecil, menentukan tujuan, target yang ingin dicapai seusai Ramadhan. Jangan sampai potensi dan keutamaan bulan suci ini disia-siakan. Setelah memiliki target, ubah mind set dan tentukan strategi apa yang akan diambil untuk mencapai target tersebut. Misalnya : ingin mengkhatamkan Al-Quran selama bulan Ramadhan. Nah strategi terbaiknya bagaimana? Tulisan saya ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan solusinya.

Dan agar lebih mengoptimalkan lagi serta menambah motivasi, lakukanlah bersama-sama. Berlomba-lomba dalam kebaikan. Khusus dalam Ramadhan ini, saya punya banyak saingan. Mulai dari temen-temen di pengajian, temen-temen kantor, sampai ke blogger-blogger di dunia maya.

Iklan
Posted in: Motivasi