Indonesian Indoor Aerial Robot Contest 2008

Posted on 3 September 2008

5



Wah.. wah.. wah.. Kalau di luar negeri, kontes-kontes robot seperti ini sering sekali diadakan. Mulai dari Robot Soccer, UnderWater Robot, LineFollower Robot, Combat Robot, dan semacamnya. Khusus untuk robot yang memiliki kemampuan terbang, nah di negara tercinta ini insyaallah akan mengadakan kontes robot terbang untuk yang pertama kalinya. Ayo.. ayo yang mau ikutan, atau yang mau nonton?

**Duh jadi keingetan masih punya hutang untuk bagi oleh-oleh pas acara Pameran Pendidikan Jepang 2008 di JCC kemarin. Kapan-kapan aja yach! Lagi di uploadin tuh foto-fotonya..!

Oia…. Berikut bunyi pengumuman Lomba Robot-nya :

ITB contest robot terbang

Pengantar

Indonesian Indoor Aerial Robot Contest merupakan kontes robot terbang pertama yang diadakan di Indonesia untuk kategori indoor. Tujuan diadakannya kontes robot terbang ini adalah untuk memacu perkembangan penguasaan teknologi robot terbang di Indonesia. Disamping itu, diharapkan kontes ini dapat meningkatkan penguasaan teknologi kedirgantaraan secara umum dan dapat menjadi wadah berkumpul dan bertukar pikiran para penggiat kedirgantaraan Indonesia serta membangkitkan semangat kreativitas di kalangan mahasiswa. Dalam kontes ini, peserta ditantang untuk mendesain, membuat serta menerbangkan sebuah pesawat dengan berat tidak lebih dari 150 gr. Berat tersebut sudah termasuk berat sebuah RC-12 micro kamera (15gr). Pesawat tersebut harus melakukan simulasi sebuah misi pemantauan udara di atas sebuah area tertentu. Sejumlah Karakter alphabet yang dicetak di atas kertas dengan berbagai ukuran harus dikenali melalui video yang ditransmisikan secara on-line dari pesawat.

Kategori

Peserta Kontes dibagi dalam dua kategori peserta :

  1. Kategori perguruan tinggi, dimana anggota tim peserta adalah mahasiswa
  2. Kategori umum, dimana anggota tim pesertanya dapat berasal dari kalangan professional maupun perorangan

Sesi dalam Kontes

Secara umum kontes dibagi dalam dua sesi utama :

  1. Sesi presentasi, dimana masing-masing tim peserta harus memberikan presentasi teknis mengenai pesawat yang akan dilombakan. Di awal sesi ini akan dilakukan validasi dan pengecekan pesawat yang akan dilombakan.
  2. Sesi kontes terbang, dimana pesawat harus melakukan misi pemantauan udara tertentu. Untuk itu pesawat harus dapat dikendalikan dan harus dapat membawa sebuah mikro kamera dengan berat 15 gr.

Tanggal Penting

  1. Pengumuman awal : Juli 2008
  2. Pendaftaran awal peserta : September 2008
  3. Pelaksanaan kontes : 26-27 Oktober 2008

Tempat Kontes

Kampus Institut Teknologi Bandung Jl. Ganesa no 10 Bandung

sumber berita : http://www.ae.itb.ac.id/iiarc2008/

Iklan
Posted in: Berita