Ayo Hitung, Ayo Khatamkan…!

Posted on 2 September 2008

6



Bocah membaca Alquran

Postingan ini sekaligus menjawab pertanyaan salah satu teman saya tentang bagaimana mungkin mengkhatamkan Al-Quran dalam waktu satu bulan. Dengan kesibukan sebagai karyawan saja, waktu sudah banyak terbuang. 8 sampai 12 jam. Bagaimana mungkin bisa? Apalagi di bulan Ramadhan ini saya mentargetkan 2 x khatam Al-Quran, di samping beberapa komitmen lainnya di sini.

Psssst… bentar dulu. Tentang manfaat membaca Al-Quran, pernah dipostingkan di sini. Sekarang tentang Tips mengkhatamkan Al-Quran. Artikel ini saya comot langsung dari Buletin Mingguan Insan Sains (BMIS), Mei 2006.

Al-Qur’an terdiri dari :

30 juz dengan 144 surat

Untuk Al-Qur’an cetakan Arab terdiri dari :

604 halaman

atau sama dengan

302 lembar

Rata-rata orang membaca Al-Qur’an dengan ritme yang tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat memerlukan waktu 5 menit untuk membaca 2 halaman / 1 lembar. Itu berarti untuk mengkhatamkan 30 juz Al-Qur’an, maka memerlukan waktu sebanyak :

302 lbr x 5 menit = 1.510 menit

Atau sama dengan 25 jam 10 menit (1 hari lebih 70 menit). Jika kita ingin mengkhatamkannya dalam waktu 3 bulan, atau sebanyak 3 x 30 hari = 90 hari. Maka dalam seharinya kita harus menyediakan waktu sebanyak :

1510 menit / 90 hari = 17 menit

Jadi jika kita menyediakan waktu sebanyak 17 menit tiap hari untuk membaca Al-Qur’an maka dalam waktu 3 bulan kita sudah bisa khatam Al-Qur’an. Jadi dalam 1 tahun, kita bisa mengkhatamkan Al-Qur’an sampai 4 kali.

Bagaimana jika waktu 17 menit itu kita bagi 5. Maksudnya kita sediakan waktu untuk membaca Al-Qur’an setelah shalat 5 waktu. Maka akhirnya kita hanya membutuhkan waktu sebanyak :

17 menit / 5x = 3 atau 4 menit

setiap selesai waktu shalat.

Subhanallah….! Hanya 3 atau 4 menit saja kita harus meluangkan waktu seusai shalat! Kalau Anda ingin mengkhatamkannya dalam waktu 1 bulan, maka kira-kira, Anda hanya butuh waktu

10 menit / tiap kali shalat wajib

Tidak percaya??…
Silahkan hitung sendiri!

Jika kita menyediakan tambahan waktu khusus 20 menit setiap malam untuk membaca Al-Qur’an, maka insyaAllah kurang dari 20 hari, kita sudah bisa khatam Al-Qur’an. Apalagi jika Anda sudah lancar membaca Al-Qur’an! Malah 10 hari khatam Al-Quran tentu bukan sesuatu yang mustahil.

Nah….. bagaimana ???
Pertanyaannya bukan mungkin atau tidak lagi, melainkan

Apakah berani memulainya atau tidak?

Ayo kita khatamkan Al-Qur’an….!!

Iklan
Ditandai: , ,
Posted in: Tips