Restore Your Magnificence

Posted on 13 Agustus 2008

12



Resensi ini telah dipublikasikan di www.wisata-buku.com

udul : Restore Your Magnificence;
Panduan Mengubah Hidup untuk Meraih Kembali Harga Diri
Penulis : Dr. Joe Rubino
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tahun : 2004
Genre : Pengembangan Diri
Tebal : 205 Halaman
ISBN : 979-20-6019-7

.

Apakah harga diri itu? Harga diri adalah sebuah nilai yang menjadikan kita โ€“manusiaโ€“ mampu menjalani kehidupan sebagai makhluk sempurna dan mulia sebagaimana kodratnya ketika dilahirkan. Jika mengutip definisi harga diri dari seorang Psikoterapi terkenal, Nathaniel Branden, Ph.D., mengatakan “Harga diri adalah kecenderungan pengalaman diri sendiri sebagai orang yang mampu menghadapi tantangan-tantangan dasar kehidupan dan pantas mendapatkan kebahagiaan”.

Mereka yang memiliki harga diri yang tinggi adalah mereka yang mampu mencintai orang lain sebagaimana mencintai dirinya sendiri, mereka mampu memberi manfaat bagi diri sendiri serta bagi orang lain. Sayangnya pengalaman-pengalaman buruk, masalah-masalah hidup, perkataan-perkataan negatif, kesalahfahaman, lambat laun mengikis harga diri tersebut dan menjatuhkan kita pada jurang kehinaan. Tak ayal banyak orang menjadi egois, memupuk kekayaan sekalipun memelaratkan orang lain, bekerja hanya sekedar mendapat gaji tanpa memberi sumbangsih, atau merasa diri sebagai orang kecil, tak pernah bisa bahagia, selalu merasa tersakiti, merasa tak pantas dicintai dan apalagi mencintai.

Sudah cukup! Semua orang memang memiliki masalah, tapi bukan berarti dengan masalah itu kita menjadi orang yang tidak bahagia apalagi sampai merendahkan harga diri kita. Di antara pembaca mungkin ada yang ingat dengan perkataan salah seorang ulama muda Indonesia, KH. Abdullah Gymnastiar yang mengatakan, “Bukan masalah itu yang menjadi masalah. Namun yang menjadi masalah adalah cara kita dalam menghadapi masalah tersebut”. Nah, buku ini merupakan penjabaran langkah-langkah yang bisa ditempuh untuk menghadapi setiap permasalahan hidup dan mengembalikan kembali harga diri kita sebagai manusia yang memiliki kemuliaan akhlaq.

Dr. Joe Rubino memaparkan dengan sangat terstruktur panduan untuk mengubah hidup kita menjadi lebih baik. Ada tiga tahapan besar yang penulis buku ini sampaikan:

  1. Menyelesaikan masalah masa lalu dan melihat sumber kemerosotan harga diri
  2. Menentukan nilai-nilai yang bisa meningkatkan harga diri kita
  3. Merancang visi dan tujuan masa depan untuk menjadi manusia yang terbaik

Dari bab ke bab pembaca diajak sang penulis untuk menerapkan langkah demi langkah memulai perjalanan kita menuju hidup yang bahagia dan bermanfaat bagi orang lain. Diakhir pembahasan tiap bab-nya selalu disisipkan latihan-latihan yang aplikatif sehingga memberi kesan buku ini bukan sekedar teoritis atau definitif semata.

Ada beberapa pembahasan yang sangat menarik dari buku ini dan selalu disinggung pada setiap bab-nya, yaitu tentang perbedaan fakta dan interpretasi. Dimana kadang-kadang kita menerima atau memberikan sebuah informasi yang dianggap sebagai sebuah fakta padahal telah menjadi pendapat sendiri (interpretasi). Kemampuan membedakan inilah yang kemudian diikuti dengan latihan pembentukan interpretasi positif yang dapat mengubah hidup kita menjadi lebih baik. Di samping itu, buku ini menyertakan pula contoh-contoh kasus pengambilan interpretasi yang salah, namun umum diambil seseorang hingga menggambarkan akibat negatif yang ditimbulkan. Lalu dengan bijak disuguhkan pula solusi jika seandainya orang dalam tiap kasus tersebut mampu membangun interpretasi positif, maka akhirnya dapat memberikan nilai dan tindakan yang berbeda dan menghasilkan hasil akhir yang lebih bermakna.

Satu lagi yang tidak ketinggalan, pembaca akan dibantu untuk menyusun visi hidup yang menjadi motor penggerak setiap gerak langkah kita. Kemudian dibantu pula untuk menyusun tujuan hidup yang akhirnya terjewantahkan dalam komitmen harian yang harus diterapkan. Benar-benar buku yang terstruktur dan cocok dijadikan panduan untuk membangun kembali citra diri kita. (insansains)

Iklan
Posted in: Buku