Etiket Bisnis Jepang

Posted on 12 Agustus 2008

6



Resensi ini telah dipublikasikan di www.wisata-buku.com

Judul : Etiket Bisnis Jepang
Penulis : Tim Pioneer
Penerbit : Pusat Pelatihan Pioneer Indonesia
Tahun : 2007
Genre : Bisnis
Tebal : 111 Halaman
ISBN : 979-26-9003-4

Sampai saat ini, kita masih berdecak kagum terhadap kehebatan bangsa Jepang untuk bangkit dari keterpurukan sejak peristiwa pembom-atoman Hiroshima dan Nagasaki. Segala infrastruktur, perekonomian dibangun kembali tidak lebih dari setengah abad. Dan tak hanya itu, kini bahkan Jepang menjadi salah satu kiblat teknologi dan management sumber daya manusia. Kalau kita mencoba menelisik rahasianya tentu kita akan menemukan sebuah kata yang telah menjadi sumber inspirasi dan kekuatan mereka, yaitu bushido.

Tak heran banyak orang yang ingin belajar bahkan bekerja di perusahaan-perusahaan Jepang. Tapi tunggu dulu, apakah Anda sudah mengetahui bagaimana berinteraksi dengan mitra kerja atau atasan orang Jepang? Jangan samakan dengan cara kita berhubungan dengan orang pribumi, karena dalam alam pikiran orang Jepang telah mendarah daging semangat bushido yang selalu membuatnya mengusahakan kesempurnaan dan kesungguh-sungguhan dalam segala hal.

Buku ini memaparkan secara ringkas namun tervisualisasi dengan baik perihal tata krama, etiket atau kebiasaan yang perlu dijaga ketika berinteraksi dengan atasan maupun mitra kerja di perusahaan Jepang. Disebut ringkas karena bahasanya tidak bertele-tele, langsung ke pokok kalimat. Dan disebut tervisualisasi dengan baik karena disampaikan dalam bentuk kartun, mirip seperti komik yang membantu kita memahaminya dengan memanfaatkan cara kerja otak kanan.

Buku yang diterbitkan oleh Pusat Pelatihan Pioneer Indonesia ini memuat beberapa etiket bisnis yang harus dijaga dan hal-hal yang dilarang dalam etiket bisnis Jepang, mulai dari :

  • Memperhatikan dan menyempurnakan penampilan baik bagi wanita maupun pria
  • Cara berjalan, duduk dan sikap tubuh saat memberi hormat
  • Tata krama ketika waktu kerja baik kepada atasan maupun teman kantor
  • Cara bersikap terhadap atasan, baik saat berpapasan, saat bertemu di tangga, atau saat mempersilahkannya masuk ruangan, atau saat berada dalam kendaraan yang sama
  • Tata cara menelpon dan menerima panggilan telepon
  • Cara mempersiapkan dan menghadiri pertemuan atau rapat
  • Cara menerima dan menjamu tamu maupun tata cara ketika bertamu
  • Sampai kepada etiket menghadiri undangan makan

Overall, buku ini praktis, menarik serta bisa dijadikan panduan serta dibaca dalam berbagai kesempatan. (insansains)

Iklan
Posted in: Buku