Build Your Own Combat Robot

Posted on 5 Agustus 2008

0



Resensi ini telah dipublikasikan di www.forumsains.com

Judul : Build Your Own Combat Robot
Penulis : Pete Miles + Tom Carroll
Penerbit : McGraw-Hill/OsborneMedia
Tahun : 2002
Genre : Robotika
Tebal : 416 Halaman
ISBN : 007-219-46-42

Buku ini terdiri dari 15 bab pembahasan yang tujuan akhirnya mengajak dan mengajari pembaca untuk membuat sebuah robot (khususnya robot untuk bertanding) Di Amerika dan Eropa sering diadakan pertempuran-pertempuran robot, baik secara outonomous maupun dikendalikan menggunakan RC (Remote Control). Ugh, kalau di negara kita, kayaknya masih beberapa belas tahun lagi kalau mau ngadain acara seperti ini.

Bab-bab awal, sang pengarang Pete Miles membahas tentang pengertian robot, dan sejarah singkat timbulnya kata “Robot”. Kemudian dia menjelaskan tentang kompetisi-kompetisi robot yang sering dia saksikan mulai dari BattleBots, Robot Wars, BotBash, Robotica, FIRST, sampai dengan Robot Soccer.

Buku dengan jumlah halaman sebanyak 381 halaman ini, memberikan teori dan penjelasan singkat tentang bagian-bagian dari robot, bagaimana cara memilih roda yang tepat, cara mengkonfigurasikan posisi roda, bagaimana memilih motor yang tepat. Tidak lupa menjelaskan tentang power supply yang digunakan, baterai, juga tips-tips yang cukup bermanfaat lainnya.

Bab selanjutnya lebih menyenangkan lagi, kita diajak bagaimana membuat robot sumo, mulai dari part-part yang dibutuhkan, termasuk cara memodifikasi R/C servo 180 derajat, agar bisa berotasi penuh. Hm.. masalah sensor yang merupakan indera robot juga dikupas di buku ini. Walaupun tidak begitu lengkap, tapi sekedar pengenalan sudah lumayan lah..

Buku ini pula menjelaskan step by step pembuatan robot yang pernah dibuat oleh para “veteran” robot seperti Ronni Katz dalam bab Building chew Toy, dan Pete Miles sendiri dalam bab Building Live Wires. Di akhir buku ini, dicantumkan pula beberapa resources dan referensi yang bisa dijadikan acuan mulai dari membeli part-part robot, buku-buku, sampai komunitas-komunitas yang membahas robot. (hm.. tapi situs-situs dan buku-buku luar negeri loh…)

Tapi saya juga harus menyebutkan kekurangan dari buku ini, Buku ini lebih memfokuskan pada perancangan robot secara fisik. So.. otak dari robot itu sendiri tidak dibahas secara detail. Si penulis lebih mengedepankan komunikasi serial melalui RC untuk mengontrol robot. Karena kalau dibuat autonomous, akan sangat sulit sekali mengatur sensor-sensornya. Pete Miles lebih memilih yang gampang-gampang saja, KISS (Keep It Simple Stupid).

Kekurangan yang lain adalah, referensi buku dan toko yang menjual part-part robotnya saya rasa tidak banyak membantu, coz di Indonesia rada susah kalau mau beli online ke luar negeri, belum lagi shipping & handlingnya yang gede biayanya. hiks.. hiks…

Overall, buku yang sangat bagus buat yang menggeluti bidang robotika (insansains)

Posted in: Buku