Belajar Sendiri Mikrokontroler AVR Seri ATMega8535

Posted on 5 Agustus 2008

19



Resensi ini telah dipublikasikan di www.wisata-buku.com

Judul : Belajar Sendiri Mikrokontroler AVR Seri ATMega8535;
Simulasi, Hardware, dan Aplikasi
Penulis : Lingga Wardhana
Penerbit : Andi Offset
Tahun : 2006
Genre : Elektronika & Pemrograman
Tebal : 198 Halaman
ISBN : 979-763-199-0

Saat ini bidang mikrokontroler mulai dilirik, tidak hanya oleh perguruan tinggi-perguruan tinggi, tapi juga diminati oleh para pelajar tingkat menengah, para praktisi maupun para penghobi elektronika. Banyak aplikasi yang bisa diterapkan menggunakan benda hitam canggih sebesar ujung jari tersebut, khususnya dalam bidang pengontrolan, baik digunakan sebagai pengontrolan di dunia industri, robot, sekedar hobi maupun keperluan pengontrolan peralatan elektronik rumahan.

Buku yang ditulis oleh seorang alumnus Teknik Elektro UGM ini cukup bagus untuk dijadikan referensi mengenal seluk beluk mikrokontroler, khususnya tipe AVR ATMega8535 produksi perusahaan ternama ATMEL. Buku ini mengulas fitur-fitur dasar (kemampuan) yang dimiliki mikrokontroler AVR ATMega8535, mulai dari:

  • penjelasan singkat arsitektur ATMega8535
  • cara menggunakan input/output (I/O) port
  • penjelasan tentang interupsi mikrokontroler
  • penggunaan timer/counter
  • cara memanipulasi pulsa (tegangan digital) dengan PWM
  • cara komunikasi USART dengan komputer
  • sampai kepada fitur canggih berupa Analog to Digital Converter (ADC)

Bab-bab awal, buku ini mengupas secara singkat arsitektur ATMega8535 serta software pemprograman yang digunakan untuk memprogram chip mikrokontroler ini. AVR Studio 4 terpilih oleh si penulis diantara sekian banyak software untuk memprogram chip mikrokontroler. Sayangnya bahasa yang digunakan masih menggunakan bahasa low level, assembler. Padahal untuk pemula akan lebih mudah difahami bila menggunakan bahasa basic atau bahkan bahasa C, yang notabene sudah termasuk bahasa high level, sehingga pemprogramannya menjadi lebih mudah dan ringkas.

Karena memang tema buku ini adalah “Belajar Sendiri” tentunya tidak lepas dari latihan-latihan serta “trial and error”. Sang penulis sendiri memberikan beberapa contoh program untuk mengaktifkan fitur-fitur yang terdapat dalam mikrokontroler tipe AVR ATMega8535 ini. Dan mungkin yang menarik adalah dua bab terakhirnya mengenai aplikasi yang bisa diterapkan, yaitu :

  • aplikasi antarmuka menggunakan ponsel (SMS) yang dalam prakteknya bisa digunakan untuk mengontrol apa saja, mulai dari pengontrolan keamanan rumah, mengontrol peralalatan elektronik via sms dan lain sebagainya,
  • aplikasi kontrol robot manual menggunakan joystick.

Namun, perlu dimaklumi juga bahwa kedua aplikasi tersebut tidak dijelaskan secara gamblang. Apalagi dari bab awal hingga bab akhir tidak dicantumkan rangkaian downloader yang sejatinya menjadi pokok terpenting bila seseorang ingin memulai praktek dengan mikrokontroler. Kebanyakan penjelasan-penjelasan dalam buku ini masih bersifat “text book”, tidak sepraktis yang diharapkan, atau masih terkesan menterjemahkan dari datasheet. Kekurangan yang lain dari buku ini adalah tidak disertakannya CD yang berisi software maupun script program yang penulis gunakan, sehingga pembaca harus mencari sendiri software AVR Studio 4 dan mengetik ulang program yang ditulis dalam buku tersebut.

Overall, buku ini dapat membuka wawasan bagi pelajar, maupun penghobi bidang elektronika yang tertarik untuk mempelajari bidang mikrokontroler. Penulis berani mendobrak pengetahuan, dimana saat itu mikrokontroler yang banyak digunakan adalah tipe MCS51 yang walaupun minim fitur masih saja banyak peminatnya, walaupun akhirnya biaya akhir alat yang berhasil dibuat jauh lebih mahal dibandingkan dengan menggunakan mikrokontroler tipe AVR (terutama untuk aplikasi yang membutuhkan Analog to Digital Converter (insansains)

Iklan
Posted in: Buku