MathMagic

Posted on 27 Juli 2008

8



Resensi ini telah dipublikasikan di www.wisata-buku.com dan www.forumsains.com

Judul : MathMagic
Penulis : Ir. Bekti Hermawan Hanjoyo & Ir. Srihati Ediati
Penerbit : Kawan Pustaka
Tahun : 2005
Genre : –
Tebal : 89 Halaman
ISBN : 979-3034-96-3

Walaupun belum menemukan statistik yang pasti perihal berapa jumlah presentase orang-orang yang tidak menyukai matematika, namun secara kasar kita dapatlah menduga-duga bahwa jumlahnya tidak akan lebih banyak dari orang-orang yang menyukai matematika. Meskipun demikian, hampir seluruh kehidupan kita tidak bisa lepas dari angka-angka dan perhitungan-perhitungan (sesederhana apapun). Apakah itu mau jual beli, analisis, problem solving, hutang piutang, maupun hal lainnya. Maka tidak salah bila salah seorang filsuf Yunani tersohor, Pythagoras mengatakan “Apabila bilangan mengatur alam semesta, bilangan adalah kuasa yang diberikan kepada kita guna mendapatkan ‘mahkota’. Untuk itu kita harus menguasai bilangan”.

Lalu apakah benar matematika (ilmu hitung) itu membosankan dan menyulitkan? Lalu mengapa ada segelintir orang yang menyukainya? Baiklah…! Saat ini mungkin waktunya bagi kita untuk membuka mata, membuka telinga, bahwa sebenarnya matematika itu tidaklah sesulit yang dibayangkan dan dikatakan orang-orang. Buanglah sejenak perasaan minder kita terhadap matematika yang njlimet. Sebab buku ini sekedar mengulas ilmu hitung dasar, mulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan akar kuadrat. Tapi jangan salah, pembaca akan dibuat terpesona dengan trik-trik berhitung yang diajarkan dalam buku ini.

Dari sampul buku saja, sang penulis telah menantang pembaca untuk menjawab perkalian antara 42346 (empat puluh dua ribu tiga ratus empat puluh enam) dengan 72814 (tujuh puluh dua ribu delapan ratus empat belas) dalam waktu 60 detik tanpa menggunakan kalkulator. Ditambah lagi, sampul buku ini bergambar kartun seorang anak SD yang diminta mengerjakan perkalian puluhan ribu tersebut, seakan-akan penulis ingin mengatakan “anak kecil saja bisa, kok Anda belum?”. Dan memang nyatanya buku ini cocok dibaca dan dipelajari pula oleh anak diatas 8 tahun keatas.

Beberapa hal yang dibahas dalam buku ini meliputi :

  • Pemahaman tentang angka
  • Perkalian silang
  • Trik perkalian
  • Pembagian
  • Kuadrat
  • dan beberapa tips lainnya, termasuk cara mengecheck jawaban perhitungan

Mari kita simak beberapa tips yang ditulis dalam buku ini. Seperti cara menghitung kuadrat yang angkanya dekat dengan 100. Contohnya : 962

Jawabannya simple :
Selisih antara 100 dan 96 = 4
Kurangi 96 dengan selisihnya : 96 – 4 = 92
Kuadratkan selisih yang didapat : 42 = 16
Gabungkan hasilnya : 9216

Bagaimana dengan 1082?
Selisih antara 100 dan 108 = 8
Jumlahkan 108 dengan selisihnya : 108 + 8 = 116
Kuadratkan selisih yang didapat : 82 = 64
Gabungkan hasilnya : 11664

Untuk kuadrat yang diakhiri dengan angka 5 lebih gampang lagi. Contohnya : 452
Jawabannya :
Hasilnya pasti akan berbentuk _ _ 2 5
Digit awal dikali dengan digit awal yang ditambah satu : 4 x (4 + 1) = 4 x 5 = 20
Gabungkan hasilnya : 2025

Bagaimana dengan 1352 ?
Hasilnya akan berbentuk _ _ _ 2 5
Digit awal dikali dengan digit awal yang ditambah satu : 13 x (13 + 1) = 13 x 14 = 182
Gabungkan hasilnya : 18225

Banyak hal menarik lain yang dikupas dalam buku ini. Buku ini sangat baik dimiliki, baik untuk dipelajari sendiri, maupun untuk diajarkan kepada anak agar mulai menyukai dan menguasai ilmu hitung dasar matematika. Siapapun yang mempraktekkan metode-metode ilmu hitung dalam buku ini, dijamin akan “benci” dengan matematika. “Benci” dalam kependekan dari “Benar-benar cinta”. ^_^ (insansains)

———————————————————————————————–

Anda pun akan tahu bahwa Sulap salah satunya bersumber dari matematika. Jika Anda penasaran….! Anda boleh membuktikan dengan menyaksikan sulap virtual yang telah saya buat beberapa bulan yang kemarin. Anda akan melihat, bagaimana komputer yang “bego” dapat membaca pikiran Anda dengan dalih “sulap”. Dan jangan terbahak-bahak bila akhirnya Anda menemukan jawaban mengapa Anda bisa tertipu dengan kekonyolan ilmu hitung. Anda bisa mendownload file tersebut dengan meng-klik tulisan ini, atau lebih lengkapnya ada di halaman Download. Selamat mem”benci” matematika.

Iklan
Posted in: Buku