Mana yang Lebih Banyak, Orang Hidup atau Orang Mati?

Posted on 18 Juli 2008

2



Resensi ini telah dipublikasikan di http://www.wisata-buku.com

Judul : Mana yang Lebih Banyak, Orang Hidup atau Orang Mati?
& Mengapa Rambut Menjadi Uban? Dan 112 Pertanyaan Lain
Penulis : Mick O`Hare
Penerbit : Ufuk
Tahun : 2006
Genre : Ilmu Pengetahuan Umum
Tebal : 304 Halaman
ISBN : 979-1238-37-5

Disadari atau tidak, seluruh hal yang ada di alam ini menghadirkan banyak fakta ilmiah menarik. Sebagian dia ntaranya telah berhasil terungkap dan menyisakan decak kagum tersendiri bagi peradaban manusia, namun sebagian lagi masih menjadi teka-teki alam yang selalu menggoda untuk disibak. Manusia dengan potensi akal yang diberikan kepadanya senantiasa berusaha mencari makna terpendam dan terselubung dalam fakta keseharian yang mungkin dianggap remeh, salah satunya adalah para ilmuwan yang berusaha mencari penjelasan ilmiah atas segala fenomena-fenomena alam yang terjadi di kehidupan sehari-hari namun luput dari pandangan kita karena menganggapnya sebagai sesuatu yang biasa-biasa saja.

Apakah pernah terlintas dalam pikiran Anda tentang sesuatu yang Anda anggap remeh dan Anda benar-benar ingin sekali mengetahui alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi? Saat Anda berada di dapur sedang mengiris bawang, pernahkah Anda bertanya “Kenapa selalu keluar air mata?”, “Bisakah mengiris bawang tanpa mengeluarkan air mata?”

Atau mungkin ada seorang anak kecil yang bertanya kepada Anda, “Mengapa ingus warnanya hijau yach?”, “Kenapa sih langit berwarna biru?”, dan tentunya berbagai pertanyaan-pertanyaan “aneh” lainnya. Hmm… Apa yach kira-kira jawaban yang bisa kita berikan? Apakah kita sebagai seorang pendidik, atau sebagai orang tua cukup puas dan bijak dengan mengatakan “Duh… ibu tidak tahu!” Tanpa berusaha menggali jawaban yang sesungguhnya, atau setidaknya memicu anak kecil tersebut untuk mengetahui lebih jauh.

Nampaknya ketidaktahuan kita cukup sampai di sini saja. Sebab dengan adanya buku ini, pembaca dapat mengetahui hal-hal remeh bin temeh bin aneh bin nyeleneh yang bisa dijelaskan secara ilmiah. Pada dasarnya buku ini merupakan kumpulan hasil tanya jawab berkaitan dengan sains sehari-hari yang terdapat dalam kolom Last Word di majalah New Scientist. Sebuah majalah cukup tersohor yang diterbitkan di Inggris, dan selalu membahas segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan perkembangan-perkembangannya, yang tentunya sebuah pengetahuan yang tidak didapatkan di bangku sekolah mana pun.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang bisa ditemukan di dalam buku ini:

# Mengapa kaki penguin tidak beku?

# Mengapa rambut menjadi uban?

# Mengapa ketika menggelitik tubuh sendiri tidak tertawa?

# Apa benar kita masuk angin jika tidur tanpa selimut atau ditempat berangin?

# Mengapa burung tak terjatuh kala mereka tidur?

# Apa benar untuk menyeduh air teh atau kopi harus menggunakan air segar (bukan air yang telah mengalami dua kali perebusan)?

# Mengapa ikan tidak kentut?

# Bagaimana selamat dari lift yang jatuh bebas?

# Benarkah air panas yang diletakkan dalam freezer lebih cepat beku daripada air dingin?

# Mengapa tenggorokan serasa kering ketika kita sedang gugup?

Temukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan sepele tersebut di buku ini. Wah… pokoknya seru-seru deh, yang jelas ada sekitar 112-an pertanyaan yang pasti diminati para pembaca sekalian. (insansains)

Iklan
Posted in: Buku