Amankah belanja buku secara online?

Posted on 15 Juli 2008

15



Berawal dari kegemaran membaca buku, akhirnya menjadi gemar pula membeli buku, walaupun kenyataannya cukup banyak buku-buku yang masih “perawan” dan masih tersegel rapih. Tempat favorite saya untuk membeli buku adalah PALASARI (Bandung). Satu-satunya alasan saya selalu membeli buku di sana adalah karena harganya yang jauh lebih murah walaupun setidaknya harus tiga kali pindah tempat duduk (baca : angkot) dari rumah ke Palasari. Hampir semua buku baru didiskon 30-35% (tanpa ditawar), dan buku-buku lama bisa jauuuuuh lebih murah (kalo bisa nawar).

Jadi teringat masa-masa sekolah dulu! Demi memenuhi hasrat memiliki buku baru tiap bulannya, saya rela untuk menahan rontaan perut kala bel istirahat makan siang berbunyi. Namun rasa perih perut itu akhirnya selalu terobati tiap kali “memperawani” segel plastik buku-buku baru itu. Ibarat puasa sejak imsak hingga bedug maghrib, kemudian dijamu dengan kenikmatan berbuka.. Ah… betapa nikmat bukan? tiap tegukan air yang membasahi tenggorokan ibarat hijaunya pepohonan yang dirindu oleh orang-orang di padang pasir yang gersang. (gak terasa yach, shaum ramadhan sudah semakin dekat)

Back to topic!
Sayangnya sejak Jakarta menyeret saya ke kota metropolitan (yang belum metropolis ini), PALASARI hanya tinggal kenangan. Sejak saat itulah, GRAMEDIA dan GUNUNG AGUNG menjadi tempat “nongkrong” saya menyiram kejemuan bekerja. Hem… tapi rada harus menghembuskan nafas panjang kalau ingin membeli buku disini. Muahal-muahal mintza ampiunz…! Sehingga planning penghematan anggaran hidup, bisa bobol kalo sering berkunjung ke sana apalagi tergoda untuk membeli buku…!

Alhamdulillah, sejak tahu ada toko buku online yang ternyata menjual buku-bukunya lebih murah, saya jadi lebih bersemangat lagi. Walaupun sebagian besar diskon yang ditawarkan tidak seperti dulu saya membeli di PALASARI, tapi lumayanlah, apalagi jika bisa diantar GRATIS! Ternyata era digital dan internet telah mengantarkan kita -para bookaholic– pada peradaban baru. Berikut saya share hasil pencarian saya bersama Om Google terhadap situs-situs yang menjual buku secara online :

Layanan Online Penerbit Buku
http://kautsar.co.id/
http://toko.serambi.co.id/
http://www.zahra.co.id/
http://www.naskahoke.com/mbig
http://gramediaonline.com/

Toko Buku Islam
http://www.rumahbukuislam.com/
http://www.cordova-bookstore.com/
http://al-ilmu.com
http://www.sarana-hidayah.com
http://www.al-aisar.com/
http://www.buku-islam.com/
http://www.buku-muslim.com/
http://laroci.com

Toko Buku Umum
http://www.gramediaonline.com/
http://www.inibuku.com/
http://www.kutukutubuku.com/
http://www.bukukita.com/
http://www.bearbookstore.com/
http://www.uranusonline.com/
http://www.palasarionline.com/
http://www.surgabuku.com/
http://www.buku135.com/
http://www.belidong.com/
http://www.bukabuku.com/
http://www.tokobukudigital.com
http://www.tokobukutaro.com
http://bukupengusaha.com
http://www.rumahbuku.net
http://bukudiskon.com
http://clickbookshop.com

Berdasarkan pengalaman (baik pengalaman pribadi maupun teman), ada beberapa hal (yang menurut saya) perlu diperhatikan ketika ingin bertransaksi di situs online penjualan buku, :

TAMPILAN SITUS
Mana lebih enak, membeli buku di tempat ber-AC dengan tata letak ruang yang nyaman dipandang dengan membeli buku di emper-emperan atau toko sempit yang buku-bukunya tidak tertata rapih? Tak jauh beda dengan membeli melalui internet. Tampilan situs yang eye catching dapat membuat suasana hati kita menjadi nyaman dan lebih enak untuk memilih buku-buku. Namun hati-hati, kadang-kadang tampilan luarnya menarik tapi tidak user friendly, malah membingungkan pengunjung, “Gimana cara belinya?”, “Kok gak bisa login-login sih?”, “Dimana sih keterangan lengkap produknya?”, dan pertanyaan-pertanyaan serupa.

KETERSEDIAAN RESENSI BUKU
Membeli buku secara online hampir mirip “membeli kucing dalam karung” (kalo kita tidak tahu dan belum pernah lihat bukunya). Justru disitulah pentingnya review sebuah buku. Jadi calon pembeli bisa melihat-lihat review dan komentar-komentar orang yang pernah membacanya. Saya bahkan pernah mengalami, membeli buku yang disangka menarik ternyata jauh dari harapan, hal tersebut gara-gara hanya melihat judul tanpa tahu sekelumit isi pembahasan didalamnya. Jadi, pilihlah toko buku online yang menyediakan review buku-bukunya.

KEMUDAHAN TRANSAKSI
Kemudahan yang saya maksud disini adalah cara pembayaran yang tidak berbelit-belit. Syukur-syukur kalo toko buku online tersebut bisa melayani pembayaran COD (Cash On Delivery), begitu barang datang, kita baru membayar, jadi uang kita lebih save dibandingkan kita mentransfer uang terlebih dahulu via ATM. Kalau pun terpaksa harus mentransfer terlebih dahulu, pastikan kita telah mendapat konfirmasi dari pihak yang bersangkutan, apakah buku-buku yang dipesan tersedia ataukah stoknya kosong? Jangan sampai sudah mentransfer uang, kemudian buku yang dinanti tak kunjung tiba… hahaha… kacian deh lo..! So.. be careful.

Pastikan situs tersebut memiliki fasilitas untuk memantau status pemesanan kita. Mulai dari status orderan kita, apakah buku-buku yang dipesan ready stok ataukah sudah kosong (bisa jadi saat tampilan awal membeli buku barangnya ready stock, tapi ternyata setelah pihak toko buku online itu berniat memenuhi pesanan kita, buku itu ternyata kosong). Kemudian status buku itu apakah sedang dikirim ataukah masih menunggu konfirmasi kita? Dan tak lupa status pembayaran kita.

KECEPATAN PEMPROSESAN ORDER
BT kan kalo sudah mesen seminggu tapi buku yang diharap belum juga datang? So.. baca dan perhatikan baik-baik kemampuan mereka untuk mengirimkan buku, mulai dari orderan itu di proses sampai buku itu diantar langsung ke alamat kita, mereka sanggupnya berapa hari. Jadi kita bisa memprediksi kapan buku itu sampai di tangan kita.

DISKON
Wah.. ini nih yang paling dicari-cari. Terutama ibu-ibu! Ya gak bu…?? Rata-rata toko buku online memberikan diskon sebesar 15-20 %. Pun ada juga yang mampu memberikan diskon lebih sampai 70%, namun sayangnya buku-buku yang didiskon tersebut masih buku-buku tertentu, tapi setidaknya lumayanlah untuk nambah-nambah perpustakaan pribadi.

POINT PLUS LAINNYA
Nah… ini yang menjadi daya tarik si pelanggan supaya loyal. Hadiah, undian, atau sejenisnya. Tidak banyak, tapi ada beberapa situs penjualan buku online yang memberikan kenang-kenangan kepada pelanggannya. So… jika Anda puas dengan pelayanan mereka plus dikasih kelebihan lainnya, kenapa tidak menjadi pelanggan setianya? ^_^

Ada satu trick tambahan jika Anda tertarik untuk membeli buku secara online. “Jangan terpaku kepada satu situs saja”, kadang-kadang ada buku-buku tertentu yang lebih murah dijual di situs yang lain walaupun situs yang menjadi andalan kita cukup murah. So.. pintar-pintar saja…! Segitu dulu yang bisa saya share, jika ada yang ingin menambahkan, pertanyaan, atau mengkoreksi dipersilahkan!

Posted in: Opini