Akhirnya Robot itupun akan segera lahir

Posted on 15 Mei 2008

6



Sebenarnya rada bingung mau nulis apa hari ini. Nulis tentang artikel ilmiah, lagi gak ada ide, mau nulis tentang artikel islami lagi gak dapat ilham. Jadi hari ini nulis pengalaman pribadi saja ah. Hari Sabtu kemarin (10 Mei 2008), mungkin hari yang paling membahagiakan bagi saya. (hihihi.. padahal tiap hari selalu membahagiakan). Maksudnya hari Sabtu kemarin berbeda dari hari-hari biasanya. Hari yang membuat saya terkejut setengah mati, serasa dibawa angan melintasi indahnya langit yang penuh dengan warna-warni.. cie…!

Yang jelas, bukan karena berhasil melamar seorang gadis pujaan hati. Ataupun mendapat uang nomplok tanpa usaha gigih. Bukan… bukan itu. Tapi rancangan robot bawah air yang saya publish di blog saya yang ini, ternyata menarik hasrat seorang dosen. Dan ajaibnya, beliau adalah dosen saya sendiri yang saat ini sedang menyelesaikan S3-nya tentang robotik. Allah memang telah menetapkan segala kejadian yang sudah, sedang, dan akan terjadi. Saya yang kesulitan mencari dana untuk merealisasikan robot bawah air tersebut, ternyata uang itu datang dengan sendirinya. Dosen yang baik itupun menjanjikan bantuan financialnya, “Saya mendapat dana untuk membuat underwater robot. Kalau kamu mau meneruskan proyek kamu, nanti saya bantu. Walaupun tidak banyak!”. Hah… kata-kata itu seakan menjadi hujan ditengah terik matahari yang selama ini membakar impianku yang satu ini.

Hari Seninnya, tanggal 12 Mei 2008, sebuah sms mengalir ke handphone saya. “Ass. Saya usul, tetap pake AVR Atmega8535, walau banyak port belum terpakai, tapi buat pengembangan lebih lanjut. Thanks”. Sms itu ibarat mimpi yang bersambut dengan mimpi hingga menjadi mimpi yang besar, saya menjadi tambah yakin, bahwa beliau tidak ingin proyek ini berhenti sampai disini, harus terus dikembangkan, walaupun bukan kami yang meneruskannya.

Dan wups.. tidak hanya itu teman! Beliau pun meminta saya untuk mengikuti seminar membahas paper yang baru saja disetujui itu. Namun berhubung hari yang beliau maksud bertepatan dengan waktu ujian, maka dengan nada hati-hati saya menolak permintaan baiknya tersebut. “Oooh.. tidak apa-apa” balasnya dengan nada tenang, “kalau begitu nanti ikut seminar yang di Jogja aja yah!”. Glegh…!!! Whats??? saya pikir pembicaraan akan selesai saat saya menolaknya, namun beliau malah melanjutkan, “nah.. kamu bisa sharing pengalaman kamu disana! Itung-itung latihan-lah…!”. Oh.. ya Allah, kali ini lisanku kelu, tidak bisa berkata apa-apa selain mengangguk pasrah, daripada mencari alasan yang membuatnya murka atau setidaknya sebagai balas budi.

Hm.. sebenarnya tidak ada yang spesial dengan rancangan robot bawah air yang saya ajukan tersebut. Yang menjadi unik dan mungkin value added-nya adalah, motor dan baling-baling yang saya gunakan. Yang biasanya universitas MIT maupun universitas Florida sering menggunakan motor Sevylor (termasuk propeller-nya) seharga kurang lebih US$ 200, atau mungkin dengan membuat waterproof motor DC ditambah dengan propeller. Nah.. kalau saya membuat waterproof motor-nya dari fan komputer, yang cuman seharga 20-30 ribuan (belum terhitung ongkos waterproofing-nya ^_^)

Dan sekarang, walau mimpi ini belum terealisasi, mimpi yang lain pun bermunculan. Kepikiran juga untuk membuat jiplakannya Segway. Walaupun, cuman sekedar men-jiplak ide dari negara yang telah memproduksinya, namun sekedar buat pribadi kenapa tidak? Yang jelas, taksiran sementara dana yang dibutuhkan adalah sekitar 4-5 juta. Mudah-mudahan, ada orang atau produsen yang tertarik, terus memproduksinya secara masal, sehingga harganya bisa 30-50% lebih murah. Btw.. mau dikasih apa yach namanya, kalau memang beneran diproduksi massal (belum punya ide!)

Yaps.. hal ini telah mengajarkan kepada saya pelajaran hidup yang tiada tara, “jangan takut bermimpi”, “jangan pesimis mencari solusi”, “Allahlah sumber segala aksi”. Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaaha illallahu, Allahu Akbar.

Ditandai: , , ,
Posted in: Personal