SDM Indonesia gak bodoh kok! Cuman…..

Posted on 27 April 2008

5



Hari ini (27 April 2008), di majalah Kompas diberitakan bahwa Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) berhasil memborong 3 medali emas, 1 perak, 1 perunggu dan 4 tanda penghargaan dalam Olimpiade Fisika Asia (APhO) IX, di Ulaanbaatar, Mongolia pada 20-28 April 2008 (yang diikuti 18 tim dari Australia, Azerbaijan, Kamboja, Laos, China, Hongkong, India, Indonesia, Israel, Makao, Singapura, Srilangka, Taiwan, Tajikistan, Thailand, Turkmenistan, Uzbekistan, dan Vietnam)

Ketua TOFI, Prof Yohanes Surya bahkan mengatakan “Prestasi ini memberikan harapan bahwa ke depannya, Indonesia pasti mampu bersaing dengan negara-negara besar jika kita mau bekerja keras ke arah sana” Nilai tertinggi tim Indonesia dalam ajang internasional itu, diraih oleh Adam Badra Cahaya yang berasal dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) I Jember, Jawa Timur.

Delapan siswa yang mengikuti olimpiade dunia itu yakni, Adam Badra Cahaya (SMAN 1 Jember), Made Surya Adhiwirawan (SMAN 1 Denpasar), Rudy Handoko Tanin (SMA Sutomo 1 Medan), Azzis Adi Suyono (SMAN 1 Cilacap), Kevin Winata (SMAK 1 Penabur Jakarta), Tyas Kokasih (SMA Taruna Nusantara Magelang), Winson (SMAK 1 Penabur Jakarta), dan Panji Achmari (SMAN 3 Bandung). Ditambah lagi 3 siswa tamu yakni, Nabila Khrisna Dewi (SMAN 1 Kebumen), Thomas A Nugraha Budi (SMAN 78 Jakarta), dan M Ammar Wibisono (SMAN 1 Yogyakarta).

Dari tahun ke tahun, Indonesia memang selalu meraih medali emas dalam olimpiade-olimpiade ilmu eksakta (baik untuk tingkat Asia maupun tingkat international). Ini menunjukkan, bahwa negara kita tidak kekurangan orang-orang yang cerdas. Tapi mengapa kondisi bangsa kita masih terbelakang?

Posted in: Berita