Tips Merawat Notebook

Posted on 14 April 2008

2



Notebook hancur

Rasanya gak tega melihat orang lain memperlakukan notebook seenaknya. Walaupun memang itu adalah notebook kepunyaannya. Sudah banyak notebook yang masuk ke meja reparasi di rumah, sayangnya hampir semua dikarenakan masalah-masalah sepele. Tapi akibatnya bisa sangat fatal. Duh.. jadi keingetan Dell yang tercinta, padahal dia sudah saya anggap sebagai “teman seperjuangan”.

Ok, sekarang saya mau sharing saja, bagaimana cara memperlakukan notebook secara bijak. Berlaku bijak terhadap notebook yang kita miliki akan membawa manfaat lebih banyak untuk kita kedepan. Jangan sampai gara-gara membawa jalan-jalan sebuah notebook yang sedang beroperasi, Anda bisa kehilangan data terpenting Anda. So.. ini beberapa tips berlaku bijak terhadap notebook :

_______________________________________________________________________________

Pertama : Paha Anda bisa membuatnya klenger
Meletakkan notebook di pangkuan paha Anda dapat membuat aliran udara pada bagian bawah notebook menjadi terhambat (selain membuat paha Anda tentunya menjadi panas pula). Sirkulasi udara yang tidak lancar dapat menimbulkan overheat, sehingga bisa merusak komponen-komponen vital lainnya (termasuk baterai).

Kedua : Dudukkan dia ditempat sejuk bukan empuk
Begitu pula meletakkan notebook pada permukaan yang lunak (lembut), misalnya sofa, tempat tidur ataupun karpet. Jika Anda seperti saya yang tetap bandel mau memakainya, gunakanlah Fan Cooler untuk menyangganya dan memperlancar aliran udara sehingga notebook tetap Cool…! Cool..! Cool…!. Walaupun hal ini tentunya akan mengurangi work time dari baterai itu sendiri.

Ketiga : Dia bukan kuli barang
Notebook bukan alat untuk menyangga beban (begitu pula dengan baterainya), jadi bila Anda masih terbiasa menumpuk benda-benda berat diatasnya, berarti Anda belum bijaksana memperlakukan notebook kesayangan Anda. Apalagi jika sampai jatuh dan terhimpit. Sebab hal ini memperbesar kemungkinan sirkuit didalamnya korslet (hubung singkat) yang kemudian mengakibatkan overheat.

Keempat : Jaga dia dari kegerahan
Bila Anda berada di tempat panas, misalnya dibawah terik matahari maupun di dalam mobil yang diparkir cukup lama di tempat terbuka pada siang hari, maka segeralah mencari tempat teduh. Sayangi notebook Anda sebagaimana Anda menginginkannya selalu bersama Anda. Kasihan notebook Anda jika harus bekerja di tempat panas.

Kelima : Dia tidak suka jus
Jika Anda suka menggunakan notebook sambil memakan cemilan dan meminum segelas jus, maka jauhkanlah makanan dan minuman tersebut dari notebook Anda untuk menghindari tumpah. Kalaupun seandainya notebook Anda tersiram air juga, maka bersihkan dan gunakan kembali setelah benar-benar kering.

Keenam : Baca bagaimana cara merawatnya
Pastikan Anda tahu cara menggunakan dan menyimpan baterai, seperti yang tertera pada manual notebook bersangkutan. Sebab tidak semua vendor notebook memiliki cara yang sama untuk perawatan baterainya.

Ketujuh : Perutnya sudah kekenyangan, biarkan istirahat
Jika berada di rumah atau di kantor, dan menghubungkan chargernya ke listrik PLN, maka jika baterai telah terisi full, saya sarankan untuk melepas baterai, dan gunakanlah charger. Bijaksanalah untuk menggunakan baterai hanya untuk keperluan yang important and urgent.

Kedelapan : Olah ragakan seluruh fisiknya
Usahakan dua minggu atau sebulan sekali, baterai dipake hingga benar-benar kosong. Hal ini untuk menjaga life time tiap cell baterai. Hal ini untuk menjaga agar tiap-tiap cell baterai mengalami pengisian dan pengosongan muatan secara merata, dan menghindari adanya cell dimana yang satu selalu penuh sedang yang lain terlalu sering terjadi pengisian dan pengosongan muatan.

Kesembilan : Jodohkan dia dengan pasangan yang serasi
Bila Anda hendak mengganti charger notebook, maka gunakan charger notebook yang kompatibel. Jika tidak yakin sebaiknya tanya kepada customer service notebook yang bersangkutan.

Dah ah segitu dulu, kapan-kapan disambung lagi.

Iklan
Posted in: Tips