Komputer Masa Depan

Posted on 29 Oktober 2008

6



Minggu ke-2 November, alhamdulillah mendapat ladang untuk berbagi ilmu. Saya diminta menjadi nara sumber untuk mengisi acara pelatihan perakitan dan troubleshooting komputer. Sebenarnya agak kurang PD untuk menyanggupinya, dikarenakan bidang itu sudah tidak saya ikuti lagi perkembangannya. Saya lebih asyik untuk mendalami bagaimana komputer bisa lebih cerdas dari umumnya. Nah… itulah yang lebih greget, dan bikin bulu kuduk saya merinding, namun justru membuat saya ingin terjun mereguk “keindahan” di dalamnya…!! Tapi mudah-mudahan keputusan saya untuk menerima permintaan itu, tidak menjadikan acara tersebut sia-sia.

Sambil membuat animasi presentasi Flashnya, saya membaca-baca kembali buku dan referensi-referensi lain. Setelah dibaca-baca lagi, kok rasanya gak nge-taste banget yach.. buku-bukunya. Nggak up2date. Jadul. Ah.. sungguh buku-buku yang memuakkan. Daya khayal saya kembali berlarian, membayangkan bahwa di bumi belahan sana, komputer dan teknologi sudah jauh meninggalkan negara kita puluhan tahun. Sedangkan kita masih saja ngutak-ngutik komputer. Bongkar pasang komputer. Mempelajari hardware-hardware yang sudah jauh tertinggal.

Akhirnya saya putuskan, akan sedikit menyimpang dari tema yang diberikan oleh panitia. Setidaknya saya ingin mengompori peserta-peserta agar tidak terpaku pada teknologi komputer saat ini. Berharap saya bisa menyampaikan ide dasar perkembangan komputer. Sehingga sekalipun komputer terus berkembang, ide dasarnya tentulah akan selalu menjadi pijakannya. Tapi bukan hal yang mudah tentunya untuk menyampaikan hal tersebut kepada orang umum.

Coba simak video youtube berikut ini. Pernah lihat film Iron Man? Nah… lihat juga kan komputer yang digunakan oleh pemeran utamanya untuk mendesain baju robot? Apakah itu real? Jawabannya, “kelak” insyaAllah akan menjadi kenyataan. Sekarang saja, Microsoft sudah membuat prototype komputer masa depan. Keren gak sih, kalau kita memfoto melalui kamera digital. Kemudian kamera tersebut disimpan di atas meja (yang sebetulnya adalah layar komputer). Kemudian tiba-tiba sebuah gambar hasil jempretan muncul di layar itu. Kemudian dengan teknologi yang digunakan oleh Apple, gambar tersebut bisa diperbesar, diperkecil, dibolak-balik dengan menggunakan tangan. Dan yang lebih seru lagi. Simpan sebuah ponsel di meja itu. Geser gambar tersebut ke arah ponsel. Dan seketika itu pula gambar itu sudah pindah ke memory card handphone. Kereeeen…!!!

Yuk…! Ada yang mau ikutan acaranya gak?

Dimana A…?

Duh… [garuk-garuk kepala]

Kok, kemarin gak nanya tempatnya yah sama panitianya…!! :D Aduh…. bodoh sekali diriku…!

Posted in: Film & Music