Setan Angka; Sebuah Petualangan Matematika

Posted on 9 Agustus 2008

3



Resensi ini telah dipublikasikan di www.wisata-buku.com dan www.forumsains.com

Judul : Setan Angka; Sebuah Petualangan Matematika
Penulis : Hans Magnus Enzensberger
Penerbit : TransMedia
Tahun : 2007
Genre : Novel Ilmiah
Tebal : 276 Halaman
ISBN : 979-757-181-5

Satu lagi buku yang mengenalkan dunia eksakta dengan jalan yang sangat menyenangkan dan menggugah selera baca. Buku ini seyogyanya memaparkan tentang ilmu Matematika yang njlimet, namun pembaca tidak akan sedikit pun menyadari bahwa dirinya tengah disihir oleh penulis piawai ini untuk memahami seluk beluk Matematika dari sudut pandang seorang anak kecil yang awalnya amat membenci matematika, lalu pada akhirnya menjadi seorang anak yang menguasai ilmu hitung tersebut. Bagaimanakah ceritanya?

Tersebutlah Robert, seorang anak kecil yang trauma terhadap guru Matematika yang menurutnya sangat menyebalkan dengan soal-soal kue pretzel-nya yang membingungkan. Robert kemudian menjadi muak dengan setiap angka-angka dan ilmu hitung. Tidak sedikit pun dia tertarik terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan angka-angka. Sampai suatu saat dia bertemu dengan sesosok makhluk dalam mimpinya yang mengaku sebagai “Setan Angka”. Sosok bermuka merah, berkumis panjang, sedikit berjanggut dan bertanduk dua itu mengaku menguasai seluruh angka. Tak heran bila pertama kali bertemu, Robert memasang wajah sinis pada Setan Angka.

Entahlah apa yang membuat Setan Angka selalu hadir dalam mimpi Robert tiap kali Robert memejamkan matanya. Dan tentunya bisa dibayangkan betapa jengkelnya Robert selain harus berhadapan dengan guru Matematika-nya yang menyebalkan di dunia nyata, kini setiap kali dia tertidur dia harus berhadapan dengan sosok yang justru menguasai angka-angka yang menyebalkan baginya. Namun, Setan Angka tak henti-hentinya mengajak Robert berbicara tentang angka-angka, mulai dari menunjukkan kemudahan angka 1, keajaiban angka 0, hingga angka-angka menyebalkan lainnya namun fantastis.

Kegigihan Setan Angka ternyata membuat Robert takjub dan menyimpan kekaguman tersendiri pada Setan Angka. Petualangan Setan Angka bersama Robert pun terus berlanjut dari satu mimpi ke mimpi lainnya, menguak misteri Matematika dengan cara menyenangkan. Kadang Setan Angka mengajak Robert ke pantai bermain dengan buah kelapa yang membentuk bilangan segitiga (berpangkat), kadang bermain dengan kelinci yang membentuk bilangan fibonacci, kadang menyusuri gua dan mencari tahu rahasia bilangan paling menggairahkan bagi Matematikawan, yaitu bilangan prima, dan banyak latar lain yang menarik namun terdapat konsep Matematika. Semua itu disuguhkan oleh Setan Angka kepada Robert.

Sejak saat itu Robert begitu menikmati diskusi Matematika dengan sang Setan Angka. Robert menjadi anak yang lebih senang berada di kamar setelah pulang sekolah dan mencoba memejamkan matanya untuk tertidur agar dapat bertemu dengan teman akrabnya, si Setan Angka –dibandingkan bermain bersama teman-teman seusianya. Sayangnya Setan Angka harus meninggalkan Robert di mana justru pada saat itu Robert makin merindukan pertemuan-pertemuan dengan Setan Angka yang mengajarinya pelajaran Matematika dengan lebih menyenangkan ketimbang guru Matematika-nya (Mr. Bockel).

Tanpa disadari Robert telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ketika Mr. Bockel mengajukan pertanyaan kue pretzel yang membosankan kepada se-isi kelas, tanpa berpikir panjang ternyata Robert mampu memberikan jawaban yang sempurna dan membuat guru Matematika-nya itu terperangah. Benar-benar ajaib!

Buku ini sungguh cocok untuk segala umur. Sebagaimana sangat baik dibaca oleh mereka yang anti dan ketakutan terhadap Matematika maupun bagi mereka yang menyukai Matematika. Buku ini mirip seperti kisah Alice in Wonderland dalam hal latar yang dibawa, dan sedikit disinggung pula dengan kisah pada Flatland. Hanya dua kata untuk menggambarkan buku ini, “luar biasa”.

Tidak penasarankah Anda dengan pelajaran-pelajaran Setan Angka yang membuat Robert begitu terpesona dengan Matematika? Banyak hal mencengangkan tentang Matematika yang bisa ditemui dalam buku ini, tentunya tanpa harus mengutak-atik sedikit pun soal Matematika, sebab angka itu sendiri telah menyelesaikannya (insansains)

About these ads
Posted in: Buku