Rahasia dibalik Nama Seseorang

Posted on 5 Agustus 2008

19



Saking seringnya pergi ke luar kota, ada cukup banyak hal yang ingin diceritakan. Kali ini ada hal yang membuat rasa penasaran saya makin membucah. Tiap kali saya naik ke pesawat, khususnya Lion Air, tidak pernah saya jumpai kursi bernomor 13 dan 14. Apakah sebegitu menyeramkannya angka 13 tersebut? hingga teman dekatnya (angka 14) juga ketiban sial.

Berbagai literatur saya coba selidiki. Dan akhirnya mengarah pada satu tema, “Numerologi”, Yaitu sebuah ilmu yang mendalami karakter-karakter angka hingga bisa digunakan untuk memahami diri dan lingkungan. Para ahli numerologi percaya bahwa tiap orang mampu meningkatkan kebahagiaan dan kesuksesan dengan cara memahami angka-angka yang berpengaruh pada wilayah hidup orang tersebut.

“Ah… masa sih A, angka bisa mengungkapkan tentang diri kita? Aneh aja kedengarannya.”

Emang rasanya tidak masuk akal! Tapi persis seperti Feng Shui-lah atau cara mengetahui karakter orang melalui golongan darahnya seperti yang sudah dibahas waktu lalu. Percaya gak percaya yang penting mah kita sepakat bahwa untuk mengubah hidup kita tentunya harus ada usaha. Ya toh?

Katanya sih, tiap sesuatu yang melekat pada diri kita mencerminkan keseluruhan diri kita, saat ini maupun masa yang akan datang. Mulai dari tanggal lahir, nama lengkap, nomor handphone, nomor rumah, tanggal pertama kali masuk kerja, dan sebagainya. Huh… agak ganjil kedengarannya. Tapi justru karena keganjilan itu banyak orang yang penasaran dan akhirnya layanan sms-sms ramal banyak sekali bukan? Cukup ngasih tahu tanggal lahir dan nama lengkap saja. Gilaaa… masa dari nama dan tanggal lahir saja bisa ketahuan karakter orang dan masa depannya.

“Kalo Aa sendiri percaya gak?”

Nggak..! Tapi kalo buat iseng sih asyik juga. Mau coba? Kita mulai dengan nama lengkap kita. OK! Sekarang tuliskan nama lengkap diri maupun teman yang mau kita lihat karakternya. Em… siapa yach?

“Coba… AFINA SOTEC”

Yaaah… mulai deh narsisnya. Malah nyebutin diri sendiri. Fin kan cuman sebuah notebook? Tapi gak apa apa deng. Biar gak ada manusia yang cemburu, bolehlah nama lengkap Fin yang kita selidiki karakternya (baca: jadikan kelinci percobaan). Pertama-tama yang harus dilakukan adalah memisahkan huruf-huruf konsonan dan huruf-huruf vokalnya (a, i, u, e, o).

Nama Lengkap : AFINA SOTEC
Nama Konsonan : FN STC
Nama Vokal : AIA OE

Ok… gampang kan cara misahinnya??? Sekarang kita lanjut! Perhatikan tabel berikut :

Tabel Konsonan
1 = S, J
2 = B, K, T
3 = C, L
4 = D, M, V
5 = N, W
6 = F, X
7 = G, P, Y
8 = H, Q, Z
9 = R

Tabel Vokal
A = 1
I = 9
U = 3
E = 5
O = 6

Sekarang tiap huruf pada nama konsonan dan nama vokal diganti dengan angka penggantinya kemudian jumlahkan angka-angka tersebut pada masing-masing nama. Bila hasilnya adalah 2 digit, maka jumlahkan kedua digit tersebut. Bila masih menghasilkan bilangan dengan dua digit pula, maka jumlahkan kedua digit tersebut sampai menghasilkan satu digit angka saja.

Nama Konsonan : FN STC (6 + 5 + 1 + 2 + 3) = 17
Nah karena terdiri dari 2 digit angka, maka tiap digitnya harus dijumlahkan (1 + 7 = 8). Jadi nomor untuk nama konsonan Fin adalah 8. Catet ya.. ini belum selesai.

Nama Vokal : IA OE (1 + 9 + 1 + 6 + 5) = 22
Masih terdiri dari 2 digit, maka dijumlahkan lagi tiap digitnya menjadi 2 + 2 = 4. Nah.. catat juga nih nomor untuk nama vokal Fin adalah 4.

Nomor untuk nama konsonan adalah nomor yang menunjukkan kepribadian seseorang. Angka ini sering disebut dengan angka kepribadian. Dan nomor untuk nama vokal sering disebut dengan angka jiwa dimana angka ini yang memperlihatkan kepada kita hal-hal yang memotivasi seseorang dan hal yang ingin dicapai olehnya. Ok.. nampaknya sudah gak sabar lagi yach..

ANGKA KEPRIBADIAN

SATU (1)

  • Gaya busana keren abis
  • Pede, kelihatan tidak membutuhkan bantuan orang lain
  • Punya banyak ambisi dan berkemauan kuat
  • Lebih senang kalau segala sesuatunya berjalan sesuai aturan

DUA (2)

  • Rendah hati dan pendiam
  • Pendengar yang baik
  • Tidak suka berdebat
  • Tidak banyak bicara, jujur, menarik dan luwes

TIGA (3)

  • Menyenangkan dan mampu memeriahkan suasana
  • Pembicara yang luar biasa, bersemangat, mempesona
  • Ekspresif, cerdas dan optimis
  • Punya selera humor yang tinggi

EMPAT (4)

  • Pemalu dan sering diam
  • Pekerja keras, bisa diandalkan, bisa dipercaya
  • Bertanggung jawab, mandiri
  • Tipe orang yang akan didatangai kalau orang lain mengalami masalah, karena dia akan mendengarkan curahan hati mereka, dan memberi bantuan serta dukungan

LIMA (5)

  • Menyukai perubahan, dinamika dan selingan
  • Berjiwa bebas dengan sikapnya yang hidup untuk saat ini
  • Pribadi yang bergairah, menarik dan jenaka
  • Mudah bergaul dan ceria

ENAM (6)

  • Idealis dan perfeksionis
  • Bertanggung jawab dan penyayang
  • Simpatik dan Pede
  • Gemar menyebarkan kasih sayang

TUJUH (7)

  • Bijaksana, cerdas
  • Sulit dekat dengan orang lain karena terkesan dingin, tapi ketika sudah kenal akan menjadi teman yang menyenangkan dan setia
  • Anggun dan bergaya, menyimpan banyak rahasia dan membuat orang lain penasaran ingin mengenalnya
  • Menaruh perhatian pada masalah yang bisa membuat sedih dan marah dimana sebenarnya ada pilihan untuk mengambil jarak dengan kondisi tersebut

DELAPAN ( 8 )

  • Ambisius
  • Percaya diri dan cerdas
  • Pandai menilai karakter orang
  • Tampak sebagai orang yang memiliki kekuasaan

SEMBILAN (9)

  • Dermawan, penuh tenggang rasa dan mudah merasa iba
  • Berkepribadian hangat, baik hati dan penyayang
  • Emosional dan rapuh
  • Idealis, jujur dan tidak mentoleransi ketidakadilan

Nah… jika memang ada benarnya, kita bisa menentukan sikap untuk bergaul dengan teman kita. Itulah sebabnya mengapa teman yang berangka kepribadian 1 suka sekali dilimpahi tanggung jawab, teman yang berangka kepribadian 2 senang berbicara tentang kehidupan dan alam semesta, teman yang berangka kepribadian 3 senang bergosip, teman yang berangka kepribadian 4 selalu mengutamakan pekerjaan rumahnya, teman yang memiliki angka kepribadian 5 hampir tahu tentang semua orang, teman yang berangka kepribadian 6 selalu memiliki jawaban atas segala hal, teman yang berangka kepribadian 7 akan selalu punya gagasan dalam pikirannya, teman yang berangka kepribadian 8 selalu ingin sekali menjadi orang terkenal, dan teman yang berangka kepribadian 9 selalu terlihat tegang dan senang menggunakan pakaian gelap.

ANGKA JIWA

SATU (1)

Orang ini tidak suka disuruh-suruh atau direndahkan. Menerima perintah dari orang yang punya wewenang bukanlah satu hal yang mudah baginya. Dia lebih merasa bahagia kalau dewasa nanti bisa mandiri. Meskipun orang ini mendambakan kebebasan dan juga ambisius, berani dan berkemauan keras, tapi dia cukup bijaksana untuk bersabar dan menyadari bahwa prioritas saat ini adalah mengasah bakat di sekolah atau di pekerjaan, dan tidak merusak kesempatan dengan pemberontakan yang tidak berguna. Sayangnya, dia bisa menjadi egois, arogan, tidak sabaran dan juga keras, kasar dan kurang sensitif. Dia ingin pasangan yang cerdas dan mengagumkan dan mandiri sebagaimana dirinya, dan dia tidak tahan pada kemiskinan.

DUA (2)

Orang ini berjiwa hangat dan penyayang serta mampu memberi dukungan besar dan kekuatan bagi orang lain karena dia cenderung lebih suka memberi ketimbang menerima. Kelemahannya, dia cenderung tidak bisa menerima kritik dan penolakan. Dia juga terlalu memaksakan diri untuk menyenangkan orang lain. Ada kalanya dia memberi terlalu banyak kepada orang lain sehingga dia lupa memberi kepada diri sendiri. Orang berangka jiwa dua ini harus berhati-hati agar tidak terlalu membutuhkan dan bergantung pada suatu hubungan. Dia akan lebih bahagia bila bisa mempunyai pasangan, dan tidak ada pasangan yang lebih menyenangkan dibandingkan dengna orang dengan angka jiwa dua.

TIGA (3)

Orang ini selalu ingin membuat orang lain senang. Tertawa dan mendorong semua orang untuk melakukan yang terbaik adalah hasrat terpentingnya. Dia orang yang kreatif, suka sekali mengekspresikan diri dan berbakat dalam bidang artistik. Selain itu, orang ini suka sekali bergaul dan memiliki selera humor yang cukup tinggi serta segudang antusiasme. Sisi lemah dari orang ini adalah penggoda sejati dan penghancur hati orang lain. Sering berbicara blak-blakan sekalipun dalam hal yang dianggap tabu.

EMPAT (4)

Orang ini adalah pekerja keras, jujur, praktis, tekun dan bisa bekerja dengan baik dalam lingkungan yang terorganisir dan disiplin. Termasuk orang yang serius, tak pernah main-main apalagi dalam hal menjalin hubungan dengan orang lain. Dia orang yang perhatian dan sangat penyayang walaupun orang ini tidak begitu romantis. Tapi setidaknya, orang berangka jiwa empat adalah orang yang setia.

LIMA (5)

Orang ini adalah pecinta kebebasan. Tidak suka hal-hal yang detail dan punya masalah jika harus menepati janji atau harus terpaku pada rutinitas. Dia memiliki gairah pada perubahan dan perjalanan, tapi tidak sanggup terkekang. Orang berangka jiwa lima sangat menarik, karismatik, dan termasuk seorang pengambil resiko. Namun kadang kala dia sering bertindak melewati batas, dan menginginkan kemenangan dalam setiap pertengkaran mulut.

ENAM (6)

Bagi orang ini, rumah, keluarga, harmoni dan keindahan mendapat tempat kehormatan dihatinya. Dia bisa menangani banyak tanggung jawab dan memiliki bakat menyembuhkan. Tipe orang yang setia, pengertian dan tidak takut pada komitmen. Dia selalu ingin melindungi, menjaga dan mendukung orang-orang yang dicintainya. Harapan terbesarnya adalah mencari orang yang bisa berbagi kehidupan dengannya dan membangun rumah dan keluarga bersama. Orang ini adalah seorang pasangan yang penyayang dan setia tapi tidak banyak mengungkapkan perasaan. Salah satu kelemahannya adalah terlalu banyak penilaian dan tidak mudah memaafkan.

TUJUH (7)

Orang yang sangat mendambakan kearifan dan pengetahuan. Suka menyendiri, baik untuk membaca maupun berpikir. Dia menyukai lingkungan yang tenang, dan mencintai alam dan kegiatan luar ruangan. Dia sangat intuitif dan dengan cepat dapat menangkap suasana hati orang. Kekurangannya adalah kerap kali melihat suatu hal dari sudut pandang subjektifnya belaka. Jarang bersosialisasi namun sangat terbuka karena begitu sensitif. Meskipun dia orang yang idealis di hati, namun terkadang sisi sinis seringkali mengambil alih dirinya.

DELAPAN ( 8 )

Orang yang menyukai tanggung jawab, memiliki penilaian yang baik, efisien dan pekerja keras. Dia memiliki keberanian dan kemauan yang kuat. Selain itu, dia pun mengagumi dan mengejar kekuasaan. Orang yang berangka jiwa delapan bisa menjadi hangat dan penyayang, hanya saja berkuasa adalah prioritasnya dibandingkan memiliki hubungan dekat dengan orang lain. Satu-satunya saran untuk orang yang berangka jiwa delapan adalah harus hati-hati dengan sifat materialistisnya apalagi membiarkan pekerjaan mengambil alih hidupnya. Tapi setidaknya dia orang yang termasuk pede, bersemangat dan cukup terbuka tentang perasaannya, walaupun kadang tidak cukup sensitif untuk memahami perasaan orang lain yang kurang terbuka dibanding dirinya.

SEMBILAN (9)

Orang ini termasuk mandiri dan suka bepergian. Tidak suka dikurung atau dikekang. Dia memiliki jiwa penyayang dan pengasih sejati, dan jiwa berjuang mencapai kesempurnaan universal. Orang berangka jiwa sembilan penuh cinta, idealis dan romantis. Karena sifat sensitifnya, ia sering berada di persimpangan antara kebutuhannya dan kebutuhan orang lain. Dia juga idealis dalam urusan cinta dan hidup serta perlu mencari pesangan yang lebih bersikap praktis yang bisa memberi pandangan logis dalam hubungan. Kelemahannya terletak pada hasrat untuk dibutuhkan dan dicintai yang sangat besar.

“Hihihi….”

Kenapa ketawa sendiri Fin?

“Nggak.. lucu aja. Kok bisa yach? Hampir mirip-mirip gitu deh A…!”

Hahahaha… mana mungkin sih notebook kayak kamu punya karakter dan kejiwaan? kayak manusia aja. Eh.. Fin… ssstttt… sini deh bentar, Aa mau bisikin sesuatu. Walaupun Aa gak percaya sama yang kayak ginian, tapi setelah Aa ngitung-ngitung nama Aa yang cuman satu kata ini, ternyata menghasilkan angka kepribadian dan angka jiwa yang sama. Nah.. anehnya, kok mirip-mirip yach? Aaah.. mungkin cuman kebetulan saja.
*garuk-garuk kepala

sumber dan kutipan dari :
Theresa Cheung, Amazing You; Numerologi

http://en.wikipedia.org/wiki/Numerology

About these ads
Posted in: Opini