Islamkah agama terbanyak di dunia?

Posted on 14 April 2008

611



Beberapa bulan yang lalu, dalam sebuah halaqah pekanan diadakan bedah buku mengenai “peradaban Islam”. Diskusi menjadi tambah menarik ketika membahas apa-apa saja sumbangan Islam pada peradaban dunia ini. Dan mengapa mesti dinamakan peradaban Islam? Mengapa tidak disebutkan saja peradaban negara asalnya saja? Dan ada satu pertanyaan yang cukup membuat rasa penasaran saya bertambah, sebenarnya agama apakah yang paling banyak pemeluknya saat ini di dunia? Islamkah?

Diantara sekian banyak teman saya, menjawab, Islamlah yang paling banyak. Ketika ditanya alasannya atau datanya, mereka menggelengkan kepala. Kalau memang berdasarkan perkiraan, maka saya rasa tidak begitu, Cina saja yang penduduknya hampir sepertiga dari jumlah penduduk dunia, Islam bukanlah mayoritas disana. Jadi menurut perkiraan saya, Islam bukanlah agama yang terbanyak pemeluknya saat ini. Hm… tapi saya tidak punya bukti yang bisa dipertanggungjawabkan untuk membenarkan argumentasi saya tersebut.

Namun akhirnya, hari ini dengan bantuan paman Google, saya mendapatkan sebuah angka hasil survey mengenai presentase pemeluk agama terbanyak di dunia.

Sebagian besar hasil survey tersebut adalah kontribusi dari organisasi statistika agama, David B. Barrett’s yang hasilnya dipublikasikan pada “Encyclopedia Britannica” dan juga pada “The World Christian Encyclopedia”, 2001. David B. Barrett melakukan survey dengan teliti pada tiap-tiap kota di dunia.

Untuk keterangan lebih jelas mengenai hasil survey tersebut, meliputi parameter yang digunakan, bagaimana cara pengambilan data atau sample-nya, informasi mengenai agama-agama yang di survey, dapat dilihat pada link berikut ini.

Sumber :
http://www.adherents.com/Religions_By_Adherents.html
http://www.adherents.com/misc/rel_by_adh_CSM.html
http://www.zpub.com/un/pope/relig.html

About these ads
Ditandai: , , ,
Posted in: Berita